Bahaya! Jangan Update Whatsapp menjadi Whatsapp Gold atau Whatsapp plus!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Whatsapp gold

Berbagai laporan dari sejumlah pengguna WhatsApp mengenai adanya pesan masuk yang menyarankan mereka untuk melakukan update pada aplikasi messanger mereka ke akun premium bernama WhatsApp Gold.




Ternyata, Whatsapp Gold bukanlah aplikasi original dari Facebook – Whatsapp telah diakuisisi oleh sosial media raksasa ini pada 2012 silam – melainkan aplikasi berbahaya yang bertujuan untuk melakukan penipuan.

Melalui Telegraph, banyak sejumlah gambar yang beredari di sosial media Twitter yang emnunjukkan spammer telah menghubingi banyak pengguna Whatsapp resmi dengan dalih saran untuk berpindah akun ke aplikasi lebih ekslusif yaitu Whatsapp Gold yang diklaim hanya digunakan oleh kalangan selebritas.

Disebutkan, bila melakukan pembaruan ke WhatsApp Gold, pengguna akan mendapatkan fitur lebih dari whatsapp resmi yaitu bisa mengirimkan 100 gambar sekaligus, melakukan panggilan video, dan menghapus pesan setelah mengirimnya pada pengguna lain.

Dibalik rayuan manis tersebut ternyata aplikasi palsu ini menyimpan perangkat lunak berbahaya di dalamnya. Perangkat lunak ini dapat mengintip data dan file pribadi pengguna serta mampu mencurinya.




Sejak diberitakan sebagai aplikasi palsu belum diketahui sudah berapa banyak penguna yang menjadi korban. Sementara menurut penelusuran yang dilakukan Telegraph melalui perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android tidak ada ditemukan pembaruan Whatsapp Gold di dalamnya.

Namun ditemukan sebuah link yang mengarahkan untuk melakukan pembaruan ke Whatssapp Gold tetapi setelah ditelusuri hanya muncul halaman buntu error 404.

Selain itu ada penipuan lainnya yang juga mengatasnamakan Whatsapp yaitu aplikasi WhatsApp Plus. Diketahui hingga saat ini Whatsapp Plus masih menyerang sejumlah pengguna. Dikatakan bahwa pengguna akan mendapatkan beberapa fitur lebih seperti bisa mengirimkan gambar, video serta file musik dalam ukuran tak terbatas. Selain itu pengguna dapat menggunakan dua nomor dalam satu aplikasi.

Saat ini Facebook telah melakukan tindakan pemblokiran dengan menghalangi pengguna yang ingin melakukan unduhan pada aplikasi palsu tersebut di perangkatnya.

Melalui pernyataan tertulis Whatsapp menyampaikan bahwa Whatsapp Plus dikembangkan bukan oleh pihak Whatsapp dan tidak ada hubungannya dengan Whatasapp.

Lebih lanjut disebutkan bahwa WhatsApp Plus memiliki sejumlah source code yang tak mendapat jaminan aman dari WhatsApp. “Informasi pribadi Anda berpotensi diberikan ke pihak ketiga tanpa autorisasi,” kata WhatsApp.

Sedangkan pengguna yang sudah terlanjur melakukan unduhan Whatsapp Plus akan diblokir oleh Facebook dan menyediakan waktu 24 jam bagi pengguna untuk berpindah ke Whatsapp resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.