Teknologi 3D selamatkan hidup kura-kura ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kura-kura

Makhluk hidup yang tinggal di atas bumi bukan hanya manusia namun ada hewan dan tumbuhan. Selayaknya manusia mereka juga memiliki hak untuk hidup dan mendapatkan pertolongan dari manusia yang lebih berakal.




Bila hewan mengalami kecelakaan dan diketahui oleh manusia maka hewan tersebut layak menapatkan pertolongan untuk diselamatkan hidupnya seperti halnya yang terjadi pada Freddy, seekor kura-kura  yang mengalami pecah tempurung dan hampir tak terselamatkan.

20160524143755-2-freddy-si-kura-kura-dan-tempurung-barunya-001-tantri-setyorini

Tempurung adalah bagian paling vital bagi seekor kura-kura dalam melindungi diri, pasalnya, tempurung milik Freddy rusak parah, namun kini Freddy bisa menjalani kehidupannya secara normal kembali walau pernah mengalami pecah tempurung.

Awal Freddy mengalami kerusakan tempurung adalah ketika ia berada di hutan Brazil, saat itu terjadi kebakaran hutan dan ia memiliki kecil peluang untuk bertahan hidup, tempurung Freddy pecah terkena batang kayu yang tumbang dan mengenai tubuhnya.




20160524143756-3-freddy-si-kura-kura-dan-tempurung-barunya-002-tantri-setyorini

Namun, berkat pertolongan yang ia terima dari para ahli bedah yang tergabung dalam relawan The Animals Avengers, berbasis di Sao Paolo, Brazil, Freddy bisa hidup normal seperti sedia kala. Kura-kura ini adalah hewan pertama yang memiliki cangkang palsu hasil buatan teknologi 3 dimensi.

Para relawan mayoritas berlatar belakang medis itu mengatakan bahwa Freddy adalah hewan pertama yang ditolong oleh The Animal Avangers sejak kelompok ini berdiri dan ia adalah kura-kura pertama yang mendapatkan cangkang buatan.

Sebagai perancang tempurung baru bagi Freddy, Moraes mengatakan bahwa ia cukup puas dengan hasil yang ia buat. Cangkang hasil karyanya itu ia buat dengan merekonstruksi gambar 3D. Gambar tersebut ia susun melalui pengambilan foto Freddy dari berbagai sudut.

Rancangan buatan Moraes lalu dikirim pada Miamoto sebagai ahli gigi berpengalaman. Rancangan itu lalu diwujudkan dalam bentuk 3d menggunakan printer 3D. Moraes berusaha agar cangkang rancangannya menyerupai tempurung asli milik Freddy. Begitu dipasangkan pada kura-kura malang itu, tampak begitu pas dan tak terlihat bahwa itu adalah cangkang buatan. Kini Freddy dapat beraktivitas dengan mudah menggunakan cangkangnya yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.