Kinerja Smartphone Android Lemot? Lakukan Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




android

Lambat laun anda sebagai pengguna Android akan merasa bahwa kinerja perangkat ini semakin lambat saja. Hal ini adalah hal yang wajar terjadi, palagi jika smartphone sudah digunakan dalam waktu yang lama.




Walau sudah memperbarui sistem operasi dengan yagn terbaru terkadang tidak cukup membantu, lalu apa yang harus dilakukan?

Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mendongkrak kembali kinerja smartphone Android kembali prima seperti sedia kala.

1. Buang aplikasi yang tak penting

Untuk apa membiarkan aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah digunakan di dalam smartphone milik anda? Sayangnya, keberadaannya yang kurang penting telah merugikan kita karena selain menghabiskan kapasitas memori dapat pula menyedot paket data anda. Copot atau uninstal aplikasi yang tidak berguna.

2. Bersihkan cache data

Apa itu cache data? Sesungguhnya, cache data adalah penyimpanan data secara lokal, apa yang kita lakukan dengan smrtphone tersebut akan disimpan dalam memori dalam bentuk data, data itulah yang dinamakan sebagai cache data. Namun, bila terlalu banyak cache data maka waktu loading akan semakin bertambah lama. Sebaiknya bersihkan cache data secara rutin sebab cache data merupakan data yang berat bila tersimpan dan dibiarkan di penyimpanan internal dan ekternal.




3. Bersihkan ruang penyimpanan internal

Kurangi penggunaan ruang internal dari berbagai macam file. Sebaiknya bedakan antara penyimpanan internal dan eksternal. Idealnya penyimpanan internal hanya untuk aplikasi smartphone yang terpasang sedangkan penyimpanan ekternal untuk menyimpan foto, musik dan data lainnya. Pastikan memori internal hanya terpakai untuk file yang benar-benar penting.

4. Singkirkan widget

Widget memang sangat membantu kinerja penggunanya namun dapat mengurangi kinerja smartphone kita. Sebab, widget akan melakukan update secara otomatis dan dapat menyedot paket data. Solusinya adalah batasi penggunaan widget smartphone.

5. Singkirkan live wallpaper

Tak usah menerapkan Live wallpaper di Android anda karena memang hanya akan memperlambat kinerja smartphone namun bisa menjadi pengecualian bila smartphone yang anda gunakan memiliki spesifikasi tinggi seperti Samsung Galaxy S7 Edge atau smartphone spesifikasi tinggi lainnya.

Walau begitu, penggunaan Live wallpaper dapat membuat performa baterai anda akan berkurang dan cepat terkuras. Sebaiknya tidak menerapkan live wallpaper saja.

6. Pastikan selalu memperbarui software

Lakukan pembaruan software android anda. Dengan cara ini akan menghilangkan bug-bug pada software versi lama yang ada di android.

7. Dilema rooting

Rooting memang bisa membuat kinerja smartphone menjadi cepat namun cara ini sarat akan resiko. Selain cara melakukannya yang rumit dan bisa membatalkan garansi, resiko kegagalan proses root bisa membuat smartphone anda malah tidak bisa digunakan lagi alias mati total. Sebaiknya pertimbangkan cara ini.

8. Lakukan factory data reset

Bila semua cara di atas sudah dilakukan namun belum juga menunjukkan bahwa kinerja Android milik anda kembali secepat seperti diawal anda memilikinya maka cara terakhir adalah lakukan factory data reset. Cara ini juga bisa menjadi jawaban ringkas, namun harus ada resiko yang kita tanggung.

Cara ini akan membersihkan smartphone kita secara keseluruhan dan mengembalikannya ke keadaan semula seperti keluar dari pabrik. Maka apapun data yang anda simpan di dalam ponsel seperti foto, musik bahkan aplikasi lain yang terinstal akan terhapus. Namun memang smartphone akan kembali cepat kinerjanya seperti baru.

Pastikan sebelum anda melakukan cara ini, semua data anda yang ada di dalam smartphone tersebut sudah di-backup ke perangkat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.