Hilangkan Dengkuran Dengan Cara Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




dengkuran

Apakah tidur anda semalam nyenyak? Atau malah terganggu dengan suara dengkuran teman seranjang? Kebiasaan mendengkur memang tak hanay mengganggu teman seranjang saja namun juga dapat mengganggu kesehatan bagi yang mendengkur tersebut.




Orang yang tidurnya mendengkur 75 persen mengalami obstructive sleep apnea yang mengakibatkan meningkatnya resiko penyakit jantung. Agar tidur tak lagi mendengkur maka berikut tips – tips yang dapat dilakukan.

1. Ubah posisi tidur

Biasanya orang yang tidurnya mendengkur posisi tubuhnya telentang, sebab pangkal lidah jatuh ke dinding belakang kerongkongan, menyebabkan suara bergetar ketika tidur. Sedangkan untuk menghilangkan dengkuran itu sendiri posisi tidur miring dapat menjadi alternatif agar pangkal lidah tidak jatuh ke belakang kerongkongan namun bila posisi tidur sudah diubah tetapi tetap mendengkur, mungkin sudah ada obstructive sleep apnea.

2. Turunkan berat badan

Dalam beberapa kasus, menurunkan berat badan mampu membantu masalah tidur mendengkur. Karena mendengkur bisa disebabkan oleh penimbunan lemak di bagian leher sehingga menekan dameter internal kerongkongan, sehingga kerongkongan menyempit dan menyebabkan dengkuran.

3. Hindari konsumsi alkohol

Orang yang mengkonsumsi alkohol dan sedative mengurangi tonus istirahat otot bagian belakang kerongkongan. Apalagi bila mengkonsumsi alkohol 4 – 5 jam sebelum tidur maka suara dengkuran akan semakin berat.




4. Tidur sehat

Sedangkan mendengkur bisa dialami oleh seseorang yang terlalu lelah, karena tidur masuk ke tahap paling dalam di mana otot menjadi lebih lemah, sehingga lebih mudah timbul dengkuran. Hindari bekerja terlalu lelah dan jangan sampai kurang tidur.

5. Buka rongga hidung

Jika anda sedang pilek atau hidung anda tersumbat maka tidur mendengkur pasti dialami karena udara yang keluar masuk bukan melalui hidung melainkan melalui mulut dan tinggi resiko keluar suara mendengkur. Dengan mandi air panas sebelum tidur dapat membuka rongga hidung yang tersumbat atau dapat pula membilas rongga hidung dengan air garam.

6. Ganti bantal

Perlu diketahui bahwa mendengkur bisa pula disebabkan oleh Alergen dalam kamar dan pada bantal. Tungau dan debu berakumulasi di bantal sehingga menimbulkan reaksi alergi yang menyebabkan tidur mendengkur. Selain itu alergi bisa disebabkan karena kita membiarkan hewan piaraan yang tidak terhindar dari tungau dan debu tidur di atas tempat tidur kita. Sebaiknya ganti sarung bantal seiap dua minggu sekali agar mengurangi jumlah tungau, debu dan alergen lain.

7. Cukup minum

Kekurangan cairan tubuh juga bisa menjadi faktor timbunya suara mendengkur karena sekret hidung menjadi lebih kental.

Namun bila cara-cara ini tidak membantu, hubungilah dokter Anda agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.