Tambang Emas Martabe Dukung Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Bahasa Inggris Se-Kabupaten Tapanuli Selatan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Kompetensi Mengajar Guru Bahasa Inggris
Drs Zulkifli Ritonga, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan tengah memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang diadakan hasil kerjasama Tambang Emas Martabe dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan. Peningkatan kapasitas guru bahasa Inggris menjadi salah satu program tanggung jawab sosial Tambang Emas Martabe yang dimulai dengan memberikan pelatihan bagi 15 orang guru bahasa Inggris selama satu tahun sejak September 2014 hingga Agustus 2015 (16/05/2016)

Medan, Jelasberita.com | Dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajar para guru yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan, Tambang Emas Martabe mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) se-Kabupaten Tapanuli Selatan.  Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Selatan yang meliputi MGMP, Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).  Kegiatan MGMP ini diadakan di SMA 1 Kelurahan Aek Pining, Kecamatan Batangtoru selama tiga hari (16,17,18 Mei 2016).  Sebanyak 75 guru bahasa Inggris  yang merupakan perwakilan dari SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Tapanuli Selatan hadir dalam kegiatan ini.

 




Bidang studi yang dipilih dalam pelaksanaan MGMP adalah mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nara sumber 15 orang guru bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ke-15 orang guru bahasa Inggris ini telah mendapatkan pelatihan dari British Council selama 1 (satu) tahun sebagai hasil kerjasama antara Yayasan Dewan Inggris-Indonesia dengan Tambang Emas Martabe.

 

Acara ini dibuka oleh Drs Zulkifli Ritonga, Sekretaris Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli selatan dan dihadiri oleh Drs Purba Siregar, Kasi Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan, Untung P. Harahap, MPd, Ketua PGRI Kabupaten Tapanuli Selatan, Darazad Daulay, Ketua MKKS SMA, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan staf Tambang Emas Martabe.

 




Selama satu tahun, September 2014 dan berakhir pada Agustus 2015, ke-15 orang guru bahasa Inggris mengikuti pelatihan pengajaran mata pelajaran bahasa Inggris.  Selama mengikuti pelatihan, guru-guru bahasa Inggris tersebut mendapatkan pelajaran secara online setiap hari sabtu dari November 2014 sampai dengan Januari 2015 dengan menggunakan fasilitas ruangan, komputer, dan akses internet yang berada di Tambang Emas Martabe. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur kolaborasi British Council dan staf Tambang Emas Martabe dari Departemen Training and Development.  Pelatihan metoda pengajaran bahasa Inggris dilakukan pada bulan Januari 2015, sementara pelatihan secara tatap muka juga dilakukan selama 10 (sepuluh) hari dan diadakan sebanyak 3 (tiga) kali dalam setahun.  Setelah mengikuti pelatihan secara online dan tatap muka, dilakukan pemantauan, evaluasi dan observasi secara langsung ke sekolah-sekolah sebanyak 3 (tiga) kali dalam setahun.

 

Latif Supriadi, Manager Pengembangan Masyarakat Tambang Emas Martabe mengatakan: “Kami menyambut baik kegiatan MGMP untuk mata pelajaran bahasa Inggris yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan ini sangat penting bagi para guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan dalam mengajar bahasa Inggris kepada siswa didik. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh ke-15 orang guru bahasa Inggris yang telah mendapat pelatihan dapat ditularkan kepada guru-guru bahasa Inggris lainnya sehingga kemampuan siswa didik dalam berbahasa Inggris dapat meningkat. Sektor pendidikan merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Sejumlah program di bidang pendidikan sudah dilakukan oleh Tambang Emas Martabe. Baik itu dalam hal perbaikan infrastuktur sekolah maupun peningkatan kapasitas tenaga pengajar dan siswa didik. Ke depan, komitmen ini akan tetap dijalankan oleh Tambang Emas Martabe dengan melibatkan berbagai pihak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan.” (ysp)

One Response to "Tambang Emas Martabe Dukung Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Bahasa Inggris Se-Kabupaten Tapanuli Selatan"

  1. web hosting kingston ontario   19 Mei 2016 at 23:47

    Adam….

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.