Redakan Stress dengan makanan ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




makanan pereda stress

Stress sudah pasti dirasakan oleh manusia apapun masalahnya, entah karena tugas yang menumpuk, menghadapi ujian, tagihan kartu kredit yang menggunung.




Akibat stress perasaan akan menjadi tertekan, membuat jantung terpacu lebih cepat dan sebagian otot akan menegang. Bila ini dibiarkan maka kondisi kesehatan tubuh akan memburuk. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Melalui ehow.com, Kamis (12/5), ternyata stress dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan ini. Apa saja? Simak di sini.

1. Pisang

Pisang dapat meningkatkan dan menjaga vitamin B6 dan serotonin yang menurun akibat mengalami stres. Sehingga dengan memakan pisang maka kita akan terhindar dari stress selain itu pisang dikenal sebagai buah rendah kalori namun tinggi kalsium yang baik untuk tubuh.

2. Sayuran

Adanya respon menjadi stress karena adanya hormon utama yang bertanggung jawab pada respon itu yaitu Kortisol. Kortisol akan segera menyiapkan glukosa sesaat ketika tubuh merasakan stress. Sedangkan bila tubuh kekurangan magnesium karena mengalami stress maka akan berdampak buruk. Untuk itu disarankan ketika mengalami stress sebaiknya memakan banyak sayuran sehingga kebutuhan magnesium tercukupi dan kortisol tidak bekerja berlebihan menyediakan gula.




3. Paprika merah

Kadar kortisol yang meningkat dapat mengakibatkan glukosa dalam darah juga ikut naik untuk itu dibutuhkan asupan Vitamin C yang banyak untuk membuat kortisol tetap seimbang. Untuk pria yang mengalami stress dianjurkan banyak mengonsumsi paprika merah karena mengandung banyak vitamin C. mengapa pria? Sebab pria lebih banyak mengandung kadar kortisol dalam tubuhnya.

4. Makanan jenis kacang-kacangan

Agar stress dapat dimanajemen dengan baik maka diperlukan Vitamin B yang terdapat banyak di kacang-kacangan. Selain itu kacang-kacangan banyak mengandungn serat, zat besi dan protein.

5. Teh hijau dan teh hitam

Untuk meredakan stress diperlukan dopamin dan produksi serotonin dan hal itu bisa diperoleh bila kita mengonsumsi teh hijau atau teh hitam mengandung asam amino L-theanine.

6. Ikan salmon

Selain banyak mengandung omega 3, salmon ternyata mampu mengelola rasa stress menjadi lebih baik. Asam lemak esensial di dalam ikan salmon dapat melindungi neuron dari kerusakan yang disebabkan oleh stres. Bila tidak suka salmon maka dapat diganti dengan tuna atau sarden, sebanyak dua kali dalam seminggu.

7. Dark chocolate

Mungkin sudah sering mendengar bahwa cokelat dapat meredakan stress dan hal itu memang benar. Cokelat mengandung Resveratrol dan antioksidan yang dapat merangsang pelepasan serotonin di otak, mengubah suasana hati yang awalnya buruk menjadi menjadi rileks dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.