Rektor Trilogi Pimpin Diskusi Transmigrasi Kementerian Desa PDTT

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

kegiatan diskusi tentang transmigrasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa PDTT pada hari Selasa (17/5) di Kemendes PDTT. Diskusi ini dipimpin oleh Rektor Univ. Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin. Acara ini dilaksanakan bersempena peringatan HUT Persatuan Wredatama Transmigrasi (PWT) Ke- 40.
Kegiatan diskusi tentang transmigrasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa PDTT pada hari Selasa (17/5) di Kemendes PDTT. Diskusi ini dipimpin oleh Rektor Univ. Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin. Acara ini dilaksanakan bersempena peringatan HUT Persatuan Wredatama Transmigrasi (PWT) Ke- 40.

Jakarta, Jelasberita.com | Bersempena peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Wredatama Transmigrasi (PWT) Ke -40, Kementerian Desa PDTT menyelenggarakan diskusi mengenai peran transmigrasi. Dalam diskusi ini, Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin mendapat kehormatan untuk memimpin diskusinya.




“Transmigrasi harus terus ada. Tetapi perlu dipikirkan apa pola yang tepat. Atau apakah kita harus masih menggunakan cara yang baru?” sampainya sebagai pembuka diskusi yang bertemakan “Menegaskan Peran Transmigrasi sebagai Instrumen Membangun Indonesia dari Pinggiran.”

Menurut Wakil Forum Rektor Indonesia (FRI) ini salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah mengenai pembekalan sumber daya manusia atau human capital-nya. Hal tesebut perlu dilakukan agar mereka siap ditempat baru dan tidak menimbulkan masalah baru.

Sementara itu, Siswono Yudo Husodo, salah satu tokoh transmigrasi Indonesia menegaskan bahwa peran transmigrasi sangat penting sekali. Salah satu fungi transmigrasi menurutnya adalah sebagai Instrumen membangun Indonesia dari Pinggiran.

“Untuk itu orientasi transmigrasi kini harus membuka arela pertanian baru yang dilengkapi dengan perumahan, jalan, irigasi, sekolah, pasar, rumah sakit dan lainnya sebagaikanya,” sampai mantan Menteri Transmigrasi dan Permukiman Perambah Hutan ini




Sementara itu, Kementerian Desa PDTT yang diwakili oleh Sekretaris Jenderalnya, Anwar Sanusi menuturkan hal yang sama. Menurutnya transmigrasi merupakan hal yang penting dan harus tetap berjalan serta dikembangkan.

“Transmigrasi adalah pelopor dari berbagai program lain, seperti ketenagakerjaan, pembangunan, serta pengembangan desa,” sampainya.

Acara yang berlangsung pada hari Selasa (17/5) ini dihadiri oleh ratusan peserta. Hadir juga beberapa tokoh transmigrasi lainnya seperti Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno, Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier, Ketua PWT, Joko Sigit Purnomo, serta beberapa pejabat publik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.