Video Banjir Bandang Air Terjun Dwi Warna, 17 Tewas, Puluhan Korban Hilang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Banjir Bandang di wilayah Penatapan, Berastagi. Foto : Tribunnews
Banjir Bandang di wilayah Penatapan, Berastagi. Foto : Tribunnews

Banjir bandang yang tiba-tiba terjadi di wisata air terjun Dwi Warna, Sibolangit pada Minggu, 15/5 kemaren dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi mengakibatkan air sungai yang mengaliri wilayah tanah karo dan sebagian wilayah Deli Serdang meluap.

Akibatnya banyak wisatawan yang mengunjungi wisata air terjun tersebut menjadi korban. Hingga saat ini sudah 17 korban yang dinyatakan ditemukan tewas. Menurut sekretaris BPBD Deliserdang, Darwin, dari 76 orang yang terdaftar di pos masuk untuk berkunjung ke air terjun Dwi Warna baru 56 orang yang sudah dievakuasi.




Menurut daftar yang tercatat terdapat 23 orang Mahasiswa Stikes Flora, 5 orang Mahasiswa UMSU, 15 orang dari Komplek Adam Malik, 5 orang dari Fakultas Hukum USU, dan 28 Orang dari GMKI FKM USU.

Hingga saat ini Tim SAR masih melakukan upaya pencarian pada 22 orang yang masih hilang. Inilah daftar nama hilang korban banjir bandang Air Terjun Dua Warna Sibolangit:

Mahasiswa STIKES Flora.

  1. Julham Disakti
  2. Alhakim
  3. Ningsih
  4. Dora Safitri.

5.Dedek Sihombing




  1. Ira
  2. Mehda
  3. Rafli
  4. Ibal
  5. Agam.
  6. Gusti.
  7. Mirza.
  8. Dian
  9. Kiki
  10. Dwi
  11. Ayu

Mahasiswa UMSU:

  1. Gunawan
  2. Siti
  3. Eka

Pemandu Wisata:

  1. Parmando Gurusinga
  2. Tio

Menurut keterangan dari korban selamat, banjir bandang terjadi pada pukul 1 siang. Banyak pengunjung yang tidak melihat air tumpah dari atas tebing sehingga banyak yang tidak sempat menyelamatkan diri.

Sementara itu, banjir juga terjadi di wilayah kawasan wisata Penatapan hingga menuju pabrik Aqua. Sejumlah kendaraan yang melintas terlihat kesulitan melalui banjir disebabkan jalanan yang menajak sedangkan air yang mengalir cukup deras dari arah atas.

Banjir bandang mengalir ke sejumlah sungai, termasuk sungai yang terdapat di kawasan Sembahe. Terlihat dari video yang diambil dari salah satu akun instagram milik @taukotembung, air bah memasuki sungai Sembahe pada pukul 3 sore, di hari yang sama.

Bila ada rekan, kerabat maupun keluarga anda yang melakukan perjalanan ke air terjun Dwi Warna dan belum juga pulang serta belum membberi kabar silakan anda melapor dan cek ke posko sar yang terdapat di Bumi Perkemahan Sibolangit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.