5 hal ini jangan dilakukan di pantai bila kamu cinta alam!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




di pantai

Saat ini memang banyak traveller tak bertanggungjawab bermunculan di mana-mana, seiring dengan itu banyak pula penikmat alam lainnya yang mulai menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam.




Ingat slogan yang selalu dicanangkan dan digaungkan oleh penikmat alam yang peduli pada lingkungannya, ‘take nothing but pictures, kill nothing but time, and leave nothing but footprints.

Namun slogan tersebut tak hanya berlaku pada gunung saja, kita harus menyadari bahwa lautpun juga harus mendapatkan perlakuan yang sama dengan gunung.

Awalilah dengan kebiasaan kecil seperti jangan meninggalkan sampah di tempat wisata yang dikunjungi.  Selain itu masih banyak hal yang perlu diperhatikan bahwa hal tersebut tak boleh dilakukan di laut terutama pantai. Apa saja itu? Berikut ulsasannya.

1. Meninggalkan sampah di area pantai

Sudah jelas hal ini adalah hal pertama yang anda lakukan bila ingin menjadi traveler yang bertanggung jawab dan mengaku mencintai alam. Jangan sampai karena sampah yang kita tinggalkan burung-burung pantai yang mencari makan di sekitar wilayah pantai tersedak karena sampah yang mereka pikir adalah makanan.




Anda perlu tahu bahwa puntung rokok juga berbahaya karena mengandung karsinogen dan bahan kimia yang berbahaya bagi pencernaan hewan-hewan laut tersebut.

2. Jangan cabut rumput di pantai

Hal yang perlu anda ketahui kemudian adalah gundukan pasri biasanya ditumbuhi oleh rerumputan. Nah, anda jangan menginjak gundukan tersebut apalagi mencabut rumput yang tumbuh di atasnya sebab, rumput tersebut salah satu faktor pencegah erosi terjadi di pantai mengingat pantai jarang sekali ditumbuhi oleh pepohonan maka rumput pun sangat berharga di sana.

3. Jauhi tabir surya berbahan oksibenzon

Bila anda tidak menginginkan warna kulit yang menjadi gelap karena terpapar sinar matahari di pantai maka anda kenakan tabir surya. Namun perlu diingat, jangan mengenakan tabir surya yang mengandung oksibenzo. Sebab, oksibenzo dapat merusak fenomena pemituhan terumbu karang bahkan kerusakan ini mencapai tingkat DNA.

Memang sih, jumlah yang dikenakan tidak seberapa namun anda juga patut peduli berapa banyak orang yang mengenakannya, dan bila kita menghindari dari sesuatu yang kecil bukannya kita termasuk berkontribusi melindungi kelestarian alam kita?

Nah, pilihlah tabir surya yang ramah akan lingkungan dan tidak megnandung zat kimia tersebut ketika berada di pantai.

4. Jangan kumpulkan kerang, ingat! ‘Take nothing but pictures

Kerang merupakan anggota dari ekosistem pantai, mengambilnya dan membawanya pergi dari pantai hanya akan merusak ekosistem dari pantai karena banyak tumbuhan dan hewan lainnya yang bergantung pada kerang. Selain itu kurangnya jumlah kerang yang ada di pantai berkontribusi pada peningkatan erosi di pantai.

5. Jangan buang sampah di saluran pembuangan

Memang sih saluran pembuangan untuk membuang tapi bukan sampah melainkan kotoran dalam bentuk cairan atau kotoran manusia. Jangan membuang sampah di sistem pembuangan di sekitar rumah kita sebab, biasanya got dan parit yang menjadi sistem pembuangan akan mengarah ke sungai dan bermuara di laut. Maka tak heran bila di laut banyak terdapat sampah, karena banyak orang yang membuang sampah ke sungai. Walau itu adalah hal kecil namun mengurangi adalah salah satu hal yang dapat dibiasakan hingga di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.