Makanan Selain Nasi Putih Ini Bisa Bikin Kenyang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




nasi putih

Untuk memiliki energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari, manusia harus mengonsumsi karbohidrat. Kebanyakan orang dalam hal ini memilih karbohidrat yang salah. Yaitu karbohidrat yang mengandung banyak gula dan zat tepung yang malah membuat tubuh menjadi cepat lelah setelah mengonsumsinya. Karbohidrat ini adalah nasi putih.




Memang, setelah makan nasi perut akan terasa kenyang, namun ada karbohidrat lainnya yang lebih sehat dibanding dengan nasi putih. Berikut ulasannya.

Oatmeal

Makanan yang berasal dari gandum ini bisa menjadi pilhan tepat sebagai pemenuh kebutuhan karbohidrat tubuh. Akan terasa enak bila dikonsumsi bersama dengan madu  atau ditambahkan dengan buah-buahan. Tentu saja makanan ini dapat mengenyangkan perut. Selain karbohdrat, oatmeal juga kaya akan serat sehingga kesehartan pencernaan akan terjaga bila mengonsumsinya.

ganti nasi putih dengan Nasi merah

Kebanyakan orang akan mengganti nasi putih mereka dengan nasi merah. Walau rasanya hambar, nasi merah ternyata mengandung sekitar 38,8 gram karbohidrat, 3,75 gram protein 179,5 kkal, dan 0,45 gram lemak dalam setiap 100 gram nasi merah. Selain itu, seperti oatmeal, nasi merah juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.

Kentang

Kabar baik bagi penggemar kentang. Makanan jenis umbi-umbian ini dapat menggantikan fungsi nasi putih tanpa mengandung banyak kalori yang tak begitu dibutuhkan oleh tubuh. Kentang yang enak diolah ketika digoreng atau dikukus ini kaya  akan karbohidrat kompleks juga serat.




Namun bila menginginkan manfaat baik dari kentang olah dengan dikukus, direbus, atau dipanggang. Jangan menggoreng kentang karena hanya akan menambah lemak jenuh dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa mengenyangkan perut walau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak makanan ini tidak akan membuat gemuk karena rendah karbohidrat. Selain itu kacang mengandung serat, gula, dan pati yang baik bagi tubuh. Bagi anda yang sedang nmenjalankan program penurunan berat badan, kacang-kacangan adalah pilihan baik sebagai pengganti nasi. Pilih kacang kedelai atau kacang merah.

Yogurt

Yogurt sudah lama dikenal kebaikannya untuk pencernaan. Selain mengandung banyak bakteri baik untuk usus, yoghurt juga tinggi akan kalsium dan protein sehingga mampu membuat perut menjadi kenyang.

Bagaimana? Tidak bingung lagi mencari penganti nasi bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.