Tanpa Kamu sadari 7 Makanan ini adalah makanan sampah

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




makanan sampah

Tanpa kamu sadari setiap harinya kamu telah memakan makanan yang dikemas di dalam kaleng ataupun dengan kondisi penuh dengan lemak jenuh. Makanan dalam kondisi ini merupakan makanan sampah sehingga bukannya membuat tubuh menjadi sehat kebalikannya, tubuh akan mengalami obesitas bahkan mengidap berbagai penyakit.




Lalu makanan apa saja yang termasuk ke dalam makanan sampah?

1. Makanan bersantan

gulai

Indonesia kaya akan kuliner bersanta, sebut saja gulai, rendang, soto medan. Dan semua masakan tersebut memanjakan lidah siapa saja. Boleh memakan makanan ini namun dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara terus emnerus karena akan menyebabkan kolesterol yang dipicu dari santan yang menyimpan banyak lemak jenuh.

2. Makanan awetan dan fast foods

Fast-Food




Siapa yang bisa menolak burger, nugget, pizza, sosis, dan mie instan? Tentu mereka yang sadar akan keburukan dari makanan tersebut. Makanan yang baru saja disebutkan itu mengandung banyak pengawet dan hanya dikonsumsi dalam jangka pendek dapat menyebabkan obesitas. Selain itu gangguan hati dan diabetes  tipe 2 akan menyerang kesehatan.

3. Makanan kaleng

makanan-kaleng

Makanan kaleng adalah pilihan di kala kita sedang malas untuk memasak. Tinggal dihangatkan lalu dimakan. Namun, makanan yang memiliki banyak kandungan garam ini juga tinggi akan pengawet kimia. Bila dikonsumsi secara terus menerus maka penyakit seperti serangan jantung, diabetes, dan liver.

4. Makanan yang kamu panaskan berulang kali

gudeg-nangka

Ibu rumah tangga biasanya akan menyimpan makanan sisa yang tidak habis untuk disajikan kembali di keesokan harinya dengan cara memanaskannya kembali agar terasa hangat dan enak di makan. Ternyata, makanan yang dipanaskan kemabli ini berbahaya bagi kesehatan tubuh. Makanan yang harusnya memiliki banyak kandungan nutrisi bila dipanaskan kembali akan hilang. Jadi makanan tersebut hanya emnyisakan lemak dan rasa kenyang di dalam perut.

5. Goreng-gorengan

gorengan

Makanan murah meriah ini memang disenangi banyak kalangan apalagi jika dinikmati dengan secangkir kopi hitam di sore hari, nikmatnya luar biasa. Namun, di balik kemeriahannya sebagai hidangan di kala tamu datang menyimpan banyak gangguan kesehatan. Dari mulai radang tenggorokan, kolesterol hingga darah tinggi siap menghampiri. Bukan berarti dilarang untuk memakan makanan paling merakyat ini namun takarannya harus dijaga.

6. Saus sambal adalah makanan sampah

saus1

Tidak nikmat rasanya bila makan nasi goreng, bakso, atau mie ayam tanpa menambahkan saos sambal ke dalamnya. Tapi dibalik kenikmatan dari merahnya sambal terdapat tomat dan cabai yang membusuk. Ya, membuat saos sambal memang menggunakan bahan-bahan yang tidak layak pakai ditambah lagi dengan banyaknya pengawet dari abhan kimia secara berlebihan membuat saos sambal tak lagi sehat dikonsumsi.

7. Soft drinks

makanan sampah

Soft drink atau minuman siap minum dalam kemasan tidak baik bila dikonsumsi secara terus menerus sebab mengandung gula buatan yang tinggi juga mengandung banyak pengawet buatan. Bila minuman ini dikonsumsi setiap hari atau secara terus menerus maka ancaman diabetes tidak akan terelakkan lagi. Sebaiknya ganti soft drink dengan meminum air putih atau minum teh dengan diseduh sendiri.

Itulah makanan yang termasuk ke dalam daftar makanan sampah. Mari hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.