Ini yang harusnya Buruh Lakukan di Hari Buruh

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




hari buruh

Buruh sudah diketahui telah melalui proses panjang dalam memperjuangkan kesejahteraan dan kelayakan hidup. Namun hingga kini, kesejahteraan tak seluruhnya diperoleh merata diterima, di mana banyak tak seimbang antara upah dengan beban kerja.




Perjuangan buruh diperingati secara menyeluruh di dunia tiap tanggal 1 Mei, dan dunia mengenalnya dengan sebutan May Day. Pergerakan yang dilakukan buruh hingga mencatatkan sejarah panjang di dunia. Di Amerika Serikat sendiri gerakan massal pertama sekali didengungkan pada 1886, dengan alsan tak ada keadilan yang dirasakan oleh Serikat Buruh Pekerja yang berada di pabrik-pabrik Amerika Serikat. Terang saja, buruh di sana dipaksa bekerja selama 16 jam setiap harinya.

Sedangkan di Indonesia sendiri, peringatan hari buruh baru di mulai sejak sejak tahun 1920. Walau sempat terhenti ketika masa orde baru, namun pergerakan buruh bangkit kembali saat tumbangnya orde baru.

Bermacam cara dilakukan dalam memperingati hari buruh ini, mulai dari menggelar aksi hingga mengadakan konser.

Dukungan penuh dalam memperingati hari buruh datang dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri. Menurutnya, pelaksanaan peringatan May Day ini merupakan bentuk solidaritas buruh atau pekerja Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa sudah seharusnya May Day menjadi hari kegembiraan bagi buruh dengan mengadakan hiburan positif agar produktivitas meningkat, namun tetap menjaga suasana tetap kondusif.




“Ya, menurut saya, memang saatnya mulai menjadikan 1 Mei sebagai Hari Raya Buruh Internasional yang dirayakan dengan penuh kegembiraan,” ujar Hanif dilansir dari merdeka.com, Jumat (29/4).

Ia juga memberikan imbauan pada masyarakat bahwa tak perlu terlalu khawatir bila May Day diikuti oleh ratusan ribu orang, sebab ini adalah ekspresi mereka dalam memperingati hari buruh yang merupakan hari untuk mereka.

Hanif mengajak seluruh buruh Indonesia agar menjadikan May Day 2016 sebagai hari liburan bagi mereka sesua dengan jargon yang ia canangkan yaitu May Day is Holiday baru-baru ini.

“Selamat Hari Raya Buruh Internasional 1 Mei 2016. Mayday is a holiday,” serunya.

Sebelumnya, imbauan senada juga telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurutnya May Day adalah bentuk ekspresi kegembiraan bagi buruh. Dan ia mengharapkan bila ada aksi di jalan agar para buruh tetap menjaga suasana kondusif.

Selamat Hari Buruh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.