Pentingnya Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Di masa depan, Perguruan Tinggi (PT) yang akan memiliki sekelabat sukses gemilang adalah mereka yang mempunyai jaringan luas dan kolaborasi sebanyak mungkin. Demikian dikatakan, Deputy Chef of Party USAID HELM Parapat Gultom, Ph.D saat diwawancarai di Swisbell Hotel, Jalan S Parman Medan, Kamis (28/4).
Di masa depan, Perguruan Tinggi (PT) yang akan memiliki sekelabat sukses gemilang adalah mereka yang mempunyai jaringan luas dan kolaborasi sebanyak mungkin. Demikian dikatakan, Deputy Chef of Party USAID HELM Parapat Gultom, Ph.D saat diwawancarai di Swisbell Hotel, Jalan S Parman Medan, Kamis (28/4).

Medan, Jelasberita.com
Di masa depan, Perguruan Tinggi (PT) yang akan memiliki sekelabat sukses gemilang adalah mereka yang mempunyai jaringan luas dan kolaborasi sebanyak mungkin.

Demikian dikatakan, Deputy Chef of Party USAID HELM Parapat Gultom, Ph.D saat diwawancarai di Swisbell Hotel, Jalan S Parman Medan, Kamis (28/4).







Lebih jauh, Parapat mengatakan, dengan diterapkannya sistem kolaborasi antar perguruan tinggi, memungkinkan para ahli sekelas profesor dan doktor di satu perguruan tinggi bisa diakses oleh banyak perguruan tinggi lainnya. Artinya, satu profesor di kampus A, bukan lagi hanya milik kampus itu sendiri. Pertukaran ahli menjadi jalan untuk peningkatan mutu perguruan tinggi.

Tak hanya antar perguruan tinggi, kolaborasi dengan pihak eksternal stakeholder juga meliputi kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, dengan dunia industri, dengan dunia bisnis, dengan pemerintah dan dengan masyarakat.

Kolaborasi dengan perguruan tinggi ini menjadi unsur penting dalam memberhasilkan lulusan yang bisa menjawab kebutuhan dunia kerja. Parapat juga menambahkan,  di samping itu, kolaborasi juga bertujuan menjaring sebanyak mungkin donor untuk mendanai kerja-kerja riset, pengabdian masyarakat maupun pengembangan bidang kemahasiswaan.

Sebagai contoh, program kolaborasi akan memudahkan perguruan tinggi dalam menjalankan magang. Program magang penting bagi mahasiswa mengingat banyaknya lulusan perguruan tinggi yang belum memiliki kompetensi keterampilan dan etos kerja. Selama ini kululusan perguruan tinggi memiliki pengetahuan yang bagus namun minim etos kerja. Dan magang efektif membangun dan mengembangkan etos kerja.




Bahkan program kolaborasi dengan perguruan tinggi di luar negeri, memberi peluang besar bagi perguruan tinggi dalam negeri untuk bisa menulis jurnal internasional. Kolaborasi juga memberi peluang bagi para dosen maupun mahasiswa untuk menulis buku ajar secara kolaboratif. Penulisan buku secara keroyokan ini akan menghasilkan mutu yang lebih baik dan lebih komprehensif.

Selain itu, terang Parapat, kolaborasi memberi kesempatan bagi perguruan tinggi dalam negeri untuk melakukan riset-riset secara bersama sebagaimana diinginkan Kemenristekdikti dan pendanaanya juga tersedia melimpah.  Kolaborasi juga memungkinkan perguruan tinggi mendapatkan progran beasiswa dari luar negeri sekaligus peningkatan akreditasi.

“Kami dari HELM membantu memfasilitasi terjadinya kolaborasi antar perguruan tinggi mitra di Indonesia dan di luar negeri. Kalau ini bisa kita gerakkan, percayalah, akan luar biasa kebermanfaatannya.” pungkas Parapat Gultom. (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.