Ini Trik Biar Kuota Internet tidak cepat habis!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kuota inernet

Kesal karena kuota internet selalu cepat habis padahal anda merasa tidak begitu sering melakukan update di sosial media? Anda selalu memilih paket data dengan label unlimited dari provider pilihan anda.




Bagi Anda para pengguna smartphone yang selalu update dengan media sosial, pastinya Anda selalu mengandalkan paket data unlimited yang ditawarkan dari masing-masing provider. Namun kebanyakan pengguna smartphone hanya mengetahui dasar penggunaan kuota internet yang mereka miliki.

Salah satu penyebab cepatnya kuota internet habis adalah banyak pengguna yang lebih suka mengunduh berbagai macam aplikasi dengan besaran memori yang besar, selain itu bermain game online tanpa menggunakan jaringan Wi-Fi juga dapat membuat kuota internet cepat habis.

Lalu bagaimana caranya agar kuota internet lebih hemat penggunaannya sehingga masa penggunaannya lebih lama? Simak ulasan di bawah ini.

1. Fitur `Maps` bisa sedot kuota interne

Apa anda tahu fitur Maps di smartphone milik anda bisa menyedot kuota begitu besar? Jika anda benar-benar membutuhkan informasi traffic maupun navigasi maka menggunakan Maps dalam keadaan online menjadi permisif apalagi jika anda adalah seorang supir taksi misalnya. Namun, begitupun menggunakan Maps tak perlu selamanya online, karena anda bisa mmenghafal daerah-daerah rawan macet.




Bila anda membutuhkan navigasi maka baik smartphone iOS dan Android sudah memiliki Maps yang dapat diatur menjadi offline sehingga tetap dapat digunakan walau tidak menggunakan kuota internet.

Untuk Android, cara mengatur Maps ke dalam mode offline adalah dengan mengubahnya ke bentuk `Save map to use offline` melalui kotak Search Bar yang ada di atas aplikasi Maps, scroll terus ke bawah nanti akan menemukan pilihan tersebutsampai bertemu pilihan tersebut lalu save agar berpindah ke mode offline. Sedangkan bagi pengguna iPhone, cukup mengganti profil menjadi flight mode.

2. Minimalisir penggunaan kuota di fitur email

Penggunaan fitur email ternyata juga bisa menyedot kuota internet milik anda, mulai dari mengunggah dan mengunduh attachment, tak masalah bila besar file attachment hanya besaran kilobyte, namun lain cerita bila mulai menggunakan besaran Megabyte, tentu hal ini perlahan dan pasti menyedot kuota anda.

Tak hanya itu, ketika anda menerima kiriman file melalui pesan email, hal ini juga akan menyedot kuota walau tak sebesar dengan menggunggah dan mengunduh attachment.

bila anda menggunakan aplikasi tambahan seperti aplikasi Mailbox dari Dropbox, hal ini tentu akan banyak menolong anda menghemat kuota. Sehingga kuota yang awalnya tersedot akan lebih diminimalisir penggunaannya ketika menggunakan fitur email.

3. Pakai browser yang lebih efisien

Hal mengejutkan lainnya adalah browser default dari smartphone yang anda miliki ternyata adalah salah satu aplikasi yang menyedot banyak kuota.

Sebaiknya anda menggunakan browser lain yang lebih efisien yang dapat mengompres website yang anda kunjungi dan menyimpan data secara primer. Sebagai contoh anda dapat menggunakan Opera Mini yang memiliki fitur data-saving ketika anda inginkan.

Ternyata Chrome bukanlah browser default dari perangkat Android. Namun Chrome juga menawarkan pengalaman berselancar tetapi dalam keadaan data-saving bisa anda matikan. Caranya, buka browser Chrome lalu cari bagian setting kemudian pada bagian Bandwith pilih Data Saver untuk mematikan data-saving.

Leave a Reply

Your email address will not be published.