Ini Fakta Menarik Mengenai Plastik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




plastik

Pernah bertanya dari apakah botol minuman soda, botol saus, kantung belanja juga bungkus tisu? Semuanya terbuat dari Plastik dan hampir semua barang di sekitar kita terbuat dari bahan ini seperti casing handphone, pakaian, sikat gigi dan lain-lain.




Plastik bukanlah berasal dari bahan alami, bahkan campurannya tidak satupun berasal dari bahan alami, keseluruhan materi pembuatanpelasti merupakan bahan kimia buatan manusia. Dan bahan utama pembuatannya kebanyakan adalah berasal dari minyak mentah yang diproses dengan berbagai cara sehingga menjadi bahan kimia yang dapat membentuk benda serba guna ini.

Plastik pertama kali muncul pada tahun 1909 dengan nama Bakelite. Cara pembuatannya adalah dengan mengaitkan molekul – molekul kecil membentuk rantai – rantai panjang. Berbagai macam bentuk rantai akan menciptakan Plastik dalam berbagai jenis. Plastik memang dibuat di dalam pabrik, namun Plastik-Plastik dengan ide terbaru diciptakan lebih dulu oleh ahli kimia di dalam laboratorium barulah diproduksi secara massal di pabrik.

Berbagai bentuk Plastik dapat ditemui di sekitar kita, mulai dari bentuknya transparan seperti pada botol air dan map pelindung kertas. Bisa pula dibuat menjadi warna-warni seperti pada bungkus kabel. Bisa juga dibuat menjadi gelembung – gelembung yang ringat ataupun padat. Dapat pula dibentuk menjadi serat – serta seperti benang yang bisa ditenun menjadi kain.

Perlu diketahui bahwa bahan ini memiliki berbagai jenis, berikut beberapa jenis yang mudah ditemui di sekitar kita:




1. Politen

Anda dapat menemukan jenis ini pada botol minum ataupun tas kresek

2. Gelembung polistiren

Untuk jenis ini anda dapat menemuinya pada gelas sekali pakai

3. Nilon

Nilon mudah sekali anda temui sebagai pakaian atau karpet

4. Polyester

Sedangkan jenis ini sering sekali ditemui dalam bentuk jaket kapas

Namun hal yang perlu diketahui adalah karena terbuat dari bahan-bahan kimia tidak alami maka bahan ini menjadi bahan yang sulit diuraikan oleh bakteri dan hewan pengurai yang ada di tanah. Untuk itu jalan satu-satunya agar tidak banyak sampah yang tak bisa diurai maka harus didaur ulang.

Saat proses daur ulang Plastik bekas akan dihancurkan menjadi bagian – bagian kecil. Pembuatan Plastik menjadi berbagai jenis dan bentuk  dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu menggunakan cetakan tiup dan ekstrusi.

Bagi anda yang menyukai bahan ini sebaiknya tidak melakukannya dengan boros mengingat dampak buruknya pada lingkungan karena bahan ini dapat diurai. Maka dari itu ikutlah menjadi salah satu orang yang melakukan diet Plastik. Salah satu caranya adalah membawa kantung belanja sendiri ketika pergi berbelanja ke supermarket, atau menggunakan gelas yang dapat digunakan kembali setelah dicuci dan bukannya gelas sekali pakai.

Ayo, sama-sama menjaga lingkungan dari sampah yang tidak bisa diurai!

Leave a Reply

Your email address will not be published.