Berapa banyak kalori dibakar untuk turunkan 1 kg?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kalori dibakar

Beberapa tahun yang lalu, seorang ilmuwan menemukan lemak manusia yang tak sampai setengah kilogram, dalam lemak tersebut mengandung 3.500 kalori. Lalu muncul pertanyaan. Apakah untuk menurunkan 1 kilogram berat badan kita harus membakar sebanyak 7.000 kalori?




Tubuh kurus dan tubuh obesitas berbeda hasil kalori yang dibakar

Hal ini tidak diaminkan penelitian yang dilansir melalui Huffington Post. Penelitian tersebut menggunakan dua orang pria sebagai relawan yang memiliki berat badan berbeda, kurus dan obesitas. Mereka diberi perencanaan makan dan olahraga yang sama selama seminggu. Peneliti menambahkan konsumsi 3.500 kalori di masing-masing menu makanan mereka sementara kalori yang dibakar lebih sedikit dari konsumsi tersebut.

Di hari terakhir berat badan mereka dihitung, pria bertubuh kurus kehilangan berat badan tak sampai seperempat kilogram, namun pria obesitas kehilangan hingga 1,5 kilogram. Apa yang membuat hasil ini berbeda? Pria bertubuh kurus kehilangan berat dari otot sementara pria obesitas kehilangan berat badan dari lemak dan air.

Hal ini sejalan dengan apa yang dituliskan oleh penasihat ilmiah di Elements Behavioral Health, dan juga berprofesi sebagai penulis di sebuah website kesehatan, The Hunger Fix, Pamela Peeke M.D, ia menyatakan bahwa kalori di dalam tiap individu itu variabilitasnya sangatlah berbeda.

Lemak tetap akan ada di dalam tubuh

Perbedaan ini disebabkan oleh komposisi badan. Kesimpulan yang ia buat, tubuh yang memiliki lebih banyak lemak maka akan mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat. Namun bila berat badan mendekati ideal, maka kalori yang terbakar bukanlah lemak tetapi massa otot. Tubuh akan membakar otot dan malah menyimpan lemak.




Jadi mau bagaimanapun, lemak tetap akan ada dalam tubuh. Jadi bila kamu berolahraga untuk defisit kalori maka yang akan hilang yaitu lemak, air dan massa otot. Semakin keras berolahraga dan mengatur pola makan, makin terasa dampaknya bila tubuh memiliki komposisi lemak dan air yang banyak.

Diet karbohidrat juga membantu dalam menurunkan berat badan bagi tubuh gemuk

Selain itu, tubuh gemuk akan lebih cepat turun bila melakukan diet karbohidrat. Kenapa? Karena ketika mengurangi konsumsi karbohidrat, maka secara bersamaan jumlah air dalam tubuh juga berkurang. Perlu diketahui bahwa setiap gram glikogen (karbohidrat) akan disimpan bersama air di dalam tubuh. Maka ketika diet karbihidrat diterapkan, tubuh akan menggunakan glikogen sebagai energi, hal inilah yang menyebabkan kita akan mengeluarkan air lebih banyak melalui urin.

Itulah mengapa seseorang yang bertubuh gemuk akan lebih cepat turun berat badannya karena air di dalam tubuh juga terbuang lebih banyak.

Oleh karena itu, tak pernah ada ukuran berapa banyak kalori yang harus dibakar per harinya untuk menurunkan 1 kilogram berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.