ORASI ILMIAH PROFESOR UNIVERSITAS MALAYSIA

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





unimedSOFTSKILL DAN SPORT MANAJEMEN

Dalam rangka meningkatkan kualitas akademik SDM dosen dan mahasiswa, bukan hanya pada hardskillnya saja namun juga dibarengi dengan softskillnya. Pengetahuan dan keterampilan sejalan harus dibarengi juga dengan karakter diri yang tercermin dalam sifat pribadi, perangai  dan prilaku yang muncul dalam kepribadian, sehingga menciptakan ilmuwan yang berkarakter.

Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unimed menggelar orasi ilmiah dengan menghadirkan guru besar dari Universitas Malaysia, Prof. Mohd. Salleh Aman, Ph.D. seorang sosok yang sudah sering mengisi kegiatan workshop/seminar di berbagai daerah di Indonesia dalam bidang olah raga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lt. 4 aula Digital Library pada 19 April 2016, dengan mengangkat tema “softskill meningkatkan kualitas kehidupan dan sport managemen”.




Kuliah umum ini dibuka oleh Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa kita akan terus berupaya melakukan berbagai pertemuan ilmiah dengan mengundang pakar ahli dalam rangka meningkatkan SDM dosen dan mahasiswa. Kita sudah merancang berbagai kegiatan yang tujuannya agar adanya terus peningkatan kompetensi dan skill dosen dan mahasiswa, untuk terus berprestasi. Terima kasih bagi para dosen yang mahasiswa yang hadir dan tekun mengikuti kuliah umum ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.  Diharapkan agar paradikma pikiran mahasiswa dapat membentuk pribadi yang berkarakter, memperbaiki softskillnya, dan juga dapat memanajemen dirinya. Sejalan dengan visi Unimed yaitu menjadikan pendidikan yang berkarakter dan berbudaya. Kegiatan ini awal melangkah lebih baik kedepan untuk dapat menjalin kerjasama menjadi lebih luas. Sehingga kedepan mahasiswa dapat bertukar informasi dan pertukaran mahasiswa, khususnya di Malaysia.

Dalam paparannya, Prof. Moh. Salleh Aman, Ph.D mengatakan ada tujuh struktur dalam softskill antara lain berpikir, berbicara, berbuat, komunikasi, manajemen, menyelesaikan masalah, kemandirian dan kewirausahaan. Dalam berpikir memiliki pedoman seperti pola pikir yang luwes, ketahanan mental, memaafkan/melupakan dan perhatian sepenuhnya (fokus).  Kemudian dalam berbicara memiliki pedoman tahu dan paham, pengaturan emosi dalam berbicara, percaya diri, dan sabar menahan berbicara.

Lanjut Prof. Moh. Salleh, dalam berbuat haruslah berani, tepat terkendali, kesadaran diri, kegigihan dan ketekunan. Kemudian komunikasi haruslah efektif, menciptakan hubungan interpersonal, mengoptimalkan teknologi, dan paparan dalam penyampaian seperti penampilan dan wawancara. Selanjutnya manajemen haruslah mengetahui visi dan misi yang ingin dicapai, kerja kelompok (kerjasama), kepemimpinan dan pengaturan waktu,keterampilan, dan lainnya. Kemudian penyelesaian masalah hal yang perlu dilakukan identifikasi masalah, solusi alternatif, bertahan dan mencari jalan (solusi) dan jaringan kerja. Dan yang terakhir kemandirian dan kewirausahaan yang diperlukan pribadi yang mandiri dan promosi keahlian dan usaha yang akan dilakukan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. WD 1 Drs. Suharjo, M.Pd, WD2 Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes, WD3 Drs. Mesnan, M.Kes. WD3 FT Dra. Rosnelly, M.Pd, WD3 FIS Drs. Wasthon Malau, M.SP, para dosen FIK, Ketua Jurusan dan Sekretaris jurusan beserta jajarannya, dan ratusan mahasiswa S1 dan S2 Unimed. (Humas Unimed).




Leave a Reply

Your email address will not be published.