9 Cara Jaga Berat Badan Walau Doyan Makan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




doyan makan

Untuk si doyan makan menjaga berat badan memang sedikit mustahil apalagi orang dengan hobi makan ini tidak pernah memilih-milih makanan, sejauh halal atau sejauh enak, embat aja.




Namun sekarang dengan 9 cara ini mampu membuat teman-temanmu berdecak iri karena kamu si doyan makan malah tetap bisa menjaga berat badan walau asupan makanan bisa lebih banyak dari mereka yang jumlah asupan makanannya normal-normal saja.

Simak 9 cara tersebut di bawah ini.

1. Jangan makan sejenis gorengan berkali-kali

Makan berkali-kali sih boleh saja namun bukan berarti sekarang makan ayam goreng, setengah jam kemudian makan bakwan dan tahu isi, dua jam kemudian makan mi goreng, kalau begini pantas saja lemak tak mau pergi dari tubuh.

Bukan berarti tidak boleh makan segala jenis makanan yang baru disebutkan barusan, namun jangan dalam waktu bersamaan, kombinasikan dengan sayuran misalnya sekarang makan ayam goreng, lalu di waktu selanjutnya jangan memakan makanan sejenis gorengan lagi agar lemak tak menumpuk.




2. Habis makan jangan langsung tidur

Sudah memang bawaan kalau kekenyangan pasti rasa kantuk akan menyerang. Eits! Tahan dulu. Jangan langsung kamu tidurkan, tunggulah sekitar 1 sampai 2 jam agar perut dapat mencerna makanan dengan normal dan tidak ada penumpukan di bagian perut.

3. Kurang tidur bikin gemuk itu bukan mitos, itu fakta!

Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh dan mengurangi produksi hormon insulin dalam darah. Jika insulin berkurang maka resiko tubuh terkena diabetes dan kolesterol secara bersamaan. Mengerikan!

4. Bakar lemak dengan banyak bergerak

Kalori yang masuk dalam tubuh jadikan sebagai energi untuk bergerak. Namun, jika sudah kamu doyan makan tapi kerjaan kamu hanya duduk saja bagaimana lemak akan terbakar. Sempatkan berolahraga 30 menit sehari untuk membakar lemak dan emngeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat.

5. Minum 2 sampai 4 cangkir teh hijau sehari

Selain bergerak aktif bantu pembakaran lemak dalam tubuh dengan meminum teh hijau. Karena Epilgallocatechin Gallate (ECGC) dalam the mampu membakar lemak dalam tubuh. Untuk membakar 50 kalori minumlah 2 sampai 4 cangkir teh hijau sehari.

6. Jangan tinggalkan sarapan

Menjaga berat badan bukan berarti kamu boleh tidak sarapan.  Sarapan dapat mencegah kita merasakan lapar hebat dan makan secara berlebihan di siang hari.  Apalagi, tidak sarapan akan membuat metabolisme tubuhmu terganggu. Jadi sarapanlah dengan sesuatu yang ringan seperti sereal, oat atau roti bakar.

7. Jadikan buah sebagai camilan

Si doyan makan memang sulit untuk berada di kondisi mulut berhenti bergerak. Siasati dengan mengganti camilan yang tidak sehat sebagai pelampiasan untuk hasrat mengunyah dengan buah-buahan segar. Selain sehat, tubuh mendapat nutrisi dan mulut kamupun tetap bergerak.

8. Jika tak ingin makan, tekan nafsu makan dengan minum air putih

Air putih memiliki berjuta manfaat bagi tubuh maka mengonsumsinya bukanlah sebuah kesalahan. Bila tak ingin makan secara berlebihan maka minumlah segelas air putih setengah jam sebelum makan. Rutinlah mengonsumsi air putih karena juga dapat melembabkan kulit.

9. Hindari minuman dan makanan dengan rasa manis

Bukan tidak boleh, namun kurangi minuman manis seperti bubble tea, teh manis dingin warung depan, atau molten chocolate yang menggoda. Nasi juga harus dikurangi agar dirimu tidak mengasup banyak glukosa, dan kebanyakan makan nasi juga bisa membuat tubuh mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.