5 Hal penting yang anda harus tahu di label kosmetik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kosmetik

Sekarang bukan zamannya lagi produk buatan pabrik dapat kita percaya dengan mudah. Sebagai pngguna yang cerdas, sudah sepatutnya kita harus bertindak kritis terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah produk. Termasuk dengan kosmetik yang kita gunakan setiap hari.




Dalam membaca komposisi bahan-bahan yang terkandung dalam produk melalui label yang tercantum sudah sepatutnya kita harus teliti. Berikut ini adalah tips yang dibagikan oleh ahli kimia dan CEO perusahaan kosmetik Nudestix, Jenny Frankel.

Komposisi bahan selalu ditampilkan sesuai persentase jumlahnya

Produk yang baik adalah yang selalu menampilkan komposisi bahan yang terkandung. Dan biasanya, komposisi bahan akan diurutkan sesuai persentase jumlah yang digunakan. Bahan paling banyak terkandung dalam produk tersebut akan ditulis di urutan paling atas. Bahan aktif lainnya akan ditulis dalam daftar terpisah.

Klaim produsen tak selamanya benar

Banyak produsen kosmetik yang menyertakan klaim bahwa produk mereka tidak diuji pada hewan atau klaim bahwa produk mereka aman dari bahan-bahan kimia berbahaya. Saran untuk anda adalah jangan percaya begitu saja.

Anda harus lebih sensitif dalam memeriksa produk kosmetik yang hendak anda gunakan.




‘Telah teruji secara klinis’ bukan berarti bebas risiko

Kata ‘dermatologically tested’ atau biasa kita kenal dengan istilah ‘telah teruji secara klinis’ bukan menjadi pedoman untuk menggunakan sebuah produk secara aman. Anda harus lebih teliti dalam memeriksa kalimat yang satu ini, karena dalam menguji sebuah produk dibutuhkan waktu dan partisipan. Maka anda harus perhatikan berapa banyak jumlah partisipan yang ikut dalam uji coba dan berapa lama waktu uji coba tersebut dilakukan.

Perhatikan bahan-bahan kimia berbahaya

Perlu anda ketahui bahwa kebijakan mengenai bahan-bahan yang diperbolehkan untuk digunakan pada kosmetik cenderung lebih longgar untuk perusahaan kosmetik dibanding kebijakan untuk perusahaan farmasi. Oleh karena itu, masih banyak yang terselip dalam komposisi suatu produk bahan-bahan yang dilarang.

Selain itu, kebijakan mengenai bahan-bahan kimia berbahaya berbeda-beda di setiap negara. Boleh jadi sebuah bahan kimia berbahaya di suatu negara dan dilarang penggunaannya namun masih digunakan di negara Indonesia.

Lihat tanggal kedaluwarsa

Pastikan kosmetik yang anda beli memiliki tanda kadaluarsa pada kemasannya sehingga anda mendapatkan informasi mengenai kapan harus anda pakai dan kapan harus membuang produk kosmetik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.