4 PRODI UNIMED RAIH AKREDITASI ‘A’

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




UNIMED

Medan, Jelasberita.com | Ditengah-tengah kesibukan tim AIPT mempersiapkan borang dan evaluasi diri untuk reakreditasi AIPT Unimed, ada kabar gembira bagi civitas Universitas Negeri Medan yakni empat Program Studi meraih akreditasi A setelah dilakukan visitasi pada februari dan maret 2016 yang lalu. Prodi tersebut adalah 1) Prodi Pendidikan Bahasa Prancis FBS dengan Ketua Prodi Dr. Zulherman, M.Pd. M.M, 2) Prodi Pendidikan Biologi FMIPA dengan Ketua Prodi Dra. Cicik Sugiarti, M.Pd, 3) Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT dengan Ketua Prodi Drs. ………….., dan 4) Prodi Pendidikan Luar Sekolah FIP dengan Ketua Prodi Dr………………..




Untuk mendapatkan nilai akreditasi A bagi suatu kampus tidaklah mudah, namun cukup sulit dan perlu kerja keras serta kebersamaan seluruh civitas. Prosesnya cukup panjang, karena banyak indikator yang harus dipersiapkan. Dari mulai pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, dan penyediaan dokumen pendukung yang lengkap. Bahkan bisa menjadi beban bagi suatu kampus bagi yang tidak dapat mempersiapkan dengan baik.

Nilai akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk kebanggaan dan prestise, karena menjadi pengakuan publik bahwa institusi atau program studi tersebut terjamin kualitasnya. Yang melakukan visitasi dan mengeluarkan nilai akreditasi bagi seluruh institusi kampus dan program studi adalah badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT). BAN-PT merupakan lembaga independen dan profesional, karena memiliki asesor pilihan dari semua ilmuwan di Indonesia. Nilai akreditasi bagi kampus mencerminkan perguruan tinggi tersebut sehat, karena dilihat dari beberapa aspek, diantaranya yakni ; a) memiliki visi, misi dan tujuan yang terukur, b) manajemen akademik berjalan efektif, c) memiliki mahasiswa yang aktif, kreatif dan berprestasi, d) memiliki SDM dosen pegawai yang profesional, e) memiliki pendanaan yang baik, f) memiliki publikasi dosen yang tinggi, dan g) adanya kerjasama dengan stakeholders profesional yang berdampak daya saing lulusan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi 4 Prodi di Unimed yang telah berhasil meraih akreditasi A dari BAN-PT. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras tanpa lelah dari tim taskforce keempat Prodi tersebut. Kita pimpinan Unimed sangat mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kebersamaannya dalam meraih nilai akreditasi yang membanggakan ini. Semoga akan membawa kemajuan dan prestasi bagi 4 Prodi tersebut dan kepada seluruh Prodi di Unimed. Masih banyak Prodi yang dalam waktu dekat akan di akreditasi oleh BAN-PT. Semoga mereka semua dapat belajar dari 4 Prodi yang telah berhasil meraih prestasi yang luar biasa ini.

Lanjut Prof. Syawal, kabar gembiara bagi civitas ini menjadi semangat baru bagi TIM AIPT Unimed yang sedang mempersiapkan borang, evaluasi diri dan seluruh dokumen yang terkait. Kita berharap tahun ini nilai akreditasi institusi Unimed bisa A, jika itu terwujud maka menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera Utara yang meraih akreditasi A, atau menjadi kampus ke-4 yang meraih akreditasi A diluar pulau Jawa.




 

Leave a Reply

Your email address will not be published.