Apakah Abu Sayyaf dan ISIS memiliki hubungan?

abu sayyaf

10 Warga Negara Indonesia (WNI) saat ini tengah disekap oleh sejumlah penculik di Filipina, dan Indonesia masih melakukan upaya pembebasan pada mereka. Menurut menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, orang-orang yang melakukan penyekapan itu adalah pecahan dari kelompok Abu Sayyaf. Lalu, siapa itu Abu Sayyaf?

1. Abu Sayaf artinya bapak ahli pedang

Dalam bahasa Arab, Abu Sayyaf bermakna sebagai Bapak Ahli Pedang, namun nama ini juga disandang oleh seorang pejuang Afghanistan yang berperang melawan Uni Soviet pada tahun 80an. Nama tersebut beberapa tahun kemudian digunakan oleh sekelompok orang yang memisahkan diri dari kelompok separatis Front Pembebasan Nasional Moro (The Moro National Liberation Front atau MNLF) di Filipina. Kelompok orang ini menginginkan Mindanao merdeka dan berencana untuk mendirikan negara Islam di wilayah tersebut. Demi tercapainya tujuan tersebut, kelompok Abu Sayyaf itu gencar memerangi aparat Filipina.




2.Abu Sayyaf berisi orang-orang mayoritas tak berpendidikan

Berbeda dengan MNLF atau pecahan lainnya, Abu Sayyaf lebih tidak terkontrol. Walau sama-sama memeluk Islam dan memperjuangkan kemerdekaan, mayoritas mereka yang bergabung hanya berdasarkan solidaritas, dan banyak pula yang tidak berpendidikan dan minim pengetahuan. Karena hal itulah mereka sering sekali berpikir negatif dengan merasa didiskriminasi dan terintimidasi.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.