Kereta Terlambat, Lihat yang dilakukan sang kondektur

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kondektur

Jepang menggunakan kereta sebagai alat trasnportasi utama selain bus dan pesawat terbang. Seluruh pelosok negeri sakura tersebut dapat dilalui dengan kereta tanpa harus bersusah payah menggunakan pesawat terbang, walau alat tranportasi udara itupun juga tersedia bagi mereka yang menginginkan waktu perjalanan yang lebih singkat.




Kehebatan kereta atau biasa disebut dengan komuter ini telah didengar oleh seluruh dunia. Jepang menerapkan ketepatan waktu di setiap apapun yang mereka lakukan termasuk juga komuter.

Namun ternyata, tak selamanya ketetapan ini sempurna tanpa kesalahan. Seperti yang terjadi baru-baru ini hingga viral di media internet saat seorang kondektur kereta komuter meminta maaf secara personal karena kereta mengalami keterlambatan.

 

Keterlambatan beberapa menit saja dapat berpengaruh besar di kehidupan di Jepang. Seseorang bisa mengalami keterlambatan sekolah, kerja, hingga berpergian ke tempat lain dan tak jarang sistem tepat waktu di sana memberikan sanksi atas keterlambatan yang dibuat oleh pegawai maupun siswa sekolah.




kondektur-minta-maaf

Awalnya sebuah foto seorang kondektur membungkukan tubuhnya di hadapan penumpang beredar di forum online Reddit. Di beberapa postingan tersebut menerangkan bahwa hal itulah yang terjadi bila kereta mengalami keterlambatan, ketentuan ini telah ditetapkan oleh otoritas kereta komuter. Tak hanya forum Reddit saja namun situs humor paling terkenal 9Gag juga memposting hal yang senada.

Sang kondektur akan berjalan ke tiap gerbong dan membungkukkan badan ke hadapan penumpang sembari mengucapkan permintaan maaf ke seluruh penumpang karena keterlambatan yang terjadi dan hal ini berlaku untuk keterlambatan selama 5 menit saja.

Menurut artikel dari sebuah situs japanistas, selain meminta maaf pengelola KRL juga akan memberikan kartu bukti keterlambatan kepada tiap-tiap penumpang.

bukti-struk-keterlambatan
Kartu bukti keterlambatan dari pihak KRL.

Kartu bukti itu sangat diperlukan terutama oleh pelajar, karyawan, atau tenaga profesional yang tentunya akan terancam mendapat sanksi berupa denda bila mengalami keterlambatan.

Pelayanan yang luar biasa itu telah diterapkan oleh penyedia KRL seperti Seibu Railways, Tokyo Metro, maupun JR East.

Namun bila kereta komuter terlambat hingga satu jam maka dipastikan media massa akan segera meliput seakan hal tersebut adalah sebuah bencana besar.

Sebuah postingan dari sebuah akun di Reddit, Ghost_of_Okina juga mengamini hal yang terjadi pada foto 9Gag.

“Hal ini pernah aku alami. Kondektur tergesa berlari membagikan kartu sembari minta maaf karena kereta mengalami keterlambatan sebab terjadi kecelakaan kereta di Amagasaki, sekitar wilayah Osaka,” tulisnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.