Tak Berupaya Menolong, Saksi Mata Ini Hanya Asyik Merekam Video Pembunuhan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Video pembunuhan wanita di bawah trotoar sebuah hotel di Beijing di rekam oleh saksi mata. (foto : liputan6.com)
Video pembunuhan wanita di bawah trotoar sebuah hotel di Beijing di rekam oleh saksi mata. (foto : liputan6.com)

Dongguan, Jelasberita.com | Sikap acuh tak acuh atau cuek yang ditunjukkan warga Tiongkok atau yang terkenal dengan istilah China’s Bystander Problem terhadap suatu peristiwa di sekitar mereka memang sudah sangat mengkhawatirkan. Banyak kejadian-kejadian tindak kriminal, seperti perkelahian, kecelakaan, pemukulan, dan pembunuhan di Tiongkok seolah-olah hanya menjadi tontonan yang menarik dan tanpa adanya upaya pertolongan dari warga Tiongkok.

Seperti yang terjadi pada Kamis lalu, peristiwa pembunuhan yang terjadi di sebuah lorong hotel di Beijing seolah-olah hanya menjadi objek yang menarik untuk direkam oleh seorang saksi. Hal ini sesuai dengan yang dilansir olehShanghaiist.com. 




Dari video berdurasi 5 menit tersebut, sang korban wanita yang berumur 20 tahun terlihat beberapa kali mengerang kesakitan akibat ditikam sebanyak tiga kali di pinggangnya oleh pria tersebut hingga tersungkur bersimbah darah hingga akhirnya tewas dilokasi kejadian.

Saksi tersebut seakan tidak berupaya meminta pertolongan atau menelepon polisi untuk menghentikan peristiwa pembunuhan tersebut, ia tetap fokus ke kameranya untuk merekam setiap aksi-aksi yang dilakukan oleh pria pembunuh tersebut. Bahkan yang lebih mengecewakan lagi, si saksi mata tersebut juga mengunggah video pembunuhan itu ke dunia maya.

Sontak video ini kemudian memunculkan berbagai kritik dari para netizen. Mereka menganggap bahwa apa yang dilakuakan oleh saksi mata tersebut sangat tidak pantas, apalagi sampai menyebarkan video tersebut di dunia maya. Hal ini dianggap akan sangat melukai perasaan keluarga korban pembunuhan tersebut.

Berikut beberapa kutipan kritik yang dilontarkan oleh netizen terhadap saksi yang merekam video pembunuhan tersebut.




“Mau jadi apa negara kita ini? Ketika seorang wanita diculik dari sebuha hotel dan dibunuh dijalan. Namun, tak seorang pun yang berbuat apa-apa,” tulis salah satu netizen

“Selama semua kejahatan tidak dilaporkan, tingkat kejahatan akan terus tinggi dan lebih tinggi,” tulis netizen lainnya.

“Saya tidak tahu bagaimana ornag bisa hidup hanya memikirkan diri sendiri,” ungkap netizen lain.

Berdasarkan informasi terakhir, saat ini tersangka pembunuh wanita tersebut telah ditangkap dan ditahan polisi setempat. Hal ini berawal dari keterangan seorang saksi lainnya yang melihat pelaku melarikan diri usai pembunuhan tersebut. Saksi tersebut pun kemudian segera menelepon polisi untuk melakukan penangkapan terhadap si pelaku.

Menurut pengakuan pelaku, wanita korban pembunuhannya adalah kekasihnya sendiri. Ia mengaku kecewa dan marah terhadap kekasihnya tersebut yang telah mengkhianati hubungannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.