Tingginya Minat Masyarakat pada Festival Pasar Modal Syariah 2016

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




festival_pasar_modal_syariah_2016




Jakarta, Jelasberita.com | Penyelenggaraan Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang berlangsung pada 30 Maret – 2 April 2016 mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat. Terlihat dari jumlah pengunjung selama empat hari sebanyak 9.517 orang dari target sebanyak 6 ribu pengunjung.




Festival Pasar Modal Syariah (FPMS) 2016 diadakan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan mengatakan, jumlah pengunjung FPMS 2016 1,5 kali lebih banyak dari target yang telah ditetapkan. “Total transaksi selama Festival Pasar Modal Syariah 2016 mencapai Rp2,3 miliar,” ujar Nicky saat menutup Festival Pasar Modal Syariah 2016 di Gedung BEI, Sabtu (2/4).         

Dari total transaksi tersebut, sebanyak Rp1,05 miliar berupa transaksi keuangan yang dilakukan melalui   Sistem Online Trading Syariah milik Anggota Bursa, Manajer Investasi, dan Bank Agen Penjual Reksa Dana. Sementara transaksi non keuangan yang dilakukan di booth Perusahaan Tercatat sebanyak Rp1,24 miliar. Selama acara FPMS 2016, sebanyak 4.023 pengunjung melakukan transaksi.

Pengunjung terlihat sangat antusias mendalami produk-produk syariah di pasar modal Indonesia yang sudah sangat beragam dengan mengelilingi 44 booth yang ada di Festival Pasar Modal Syariah. Tingginya antusiasme masyarakat juga ditunjukkan dengan jumlah pengunjung yang selalu ramai ketika acara talk show diselenggarakan.




“Bahkan, jumlah pengunjung yang hadir saat talk show melebihi jumlah tempat duduk yang disediakan. Banyak pengunjung tetap rela dan antusias mengikuti talk show meski tidak mendapatkan tempat duduk,” tambah Nicky.

Sejumlah seminar dan talk show dihadirkan selama penyelenggaraan FPMS 2016 seperti seminar di hari pertama Rabu (30/3) dengan tema “Pengembangan Pasar Modal Syariah Indonesia” yang menghadirkan pembicara Kepala POKJA Pasar Modal Syariah BPH Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Iggy Achsin, Direktur Pasar Modal Syariah OJK Fadilah Kartikasasi, Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan, dan Selebritis sekaligus Investor Adrian Maulana; yang dilanjutkan dengan talk show dengan tema “Hijrah, Saving to Investing” yang menghadirkan pembicara Selebritis sekaligus Investor Zee Zee Shahab dan Financial Planner dari Janus Financial Dwita Ariani.

Pada Kamis (31/3) atau hari kedua rangkaian acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 diselenggarakan talk show dengan tema “Investasi Cerdas, Investasi Pasar Modal Syariah” yang menghadirkan pembicara Direktur Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat; yang dilanjutkan dengan talk show kedua dengan tema “Investasi di Pasar Modal Syariah itu Mudah” dengan pembicaraFounding Partner KARIM Consulting Indonesia Adiwarman A. Karim.

Sedangkan pada Jumat (1/4), atau di hari ketiga penyelenggaraan Festival Pasar Modal Syariah 2016 diselenggarakan Seminar dengan tema “Berbelanja Bijak di Supermarket Pasar Modal Syariah” oleh Panin Asset Management dan Indo Premier Securities dengan moderator ekonom, ahli, praktisi keuangan syariah, dan anggota DSN-MUI Muhammad Gunawan Yasni; yang dilanjutkan dengan seminar bertema “Merencanakan Keuangan Secara Syariah” oleh perencana keuangan Safir Senduk dan pendiri situs e-commerce HijUp.com Diajeng Lestari.

Penyelenggaraan hari terakhir Festival Pasar Modal Syariah 2016 Sabtu (2/4), diramaikan seminar dengan tema “Orang Tua Cerdas untuk Masa Depan Anak” yang menghadirkan pembicara penasehat keuangan independen Aidil Akbar dan pakar pendidikan dan parenting Najeela Shihab. Banyak pengunjung terlihat membawa serta keluarganya untuk mengikuti sesi talk show ini. (TIM BEI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.