Misteri di muka bumi ini masih belum terpecahkan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Ilmu pengetahuan ada untuk menjelaskan tentang fenomena yang terjadi di muka bumi seperti bagaimana terjadinya hujan, mengapa terjadi petir, hingga mengapa ada pelangi. Namun ada beberapa fenomena dan peristiwa yang masih belum dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan seperti 7 misteri ini.

1. Garis Nazca, Peru

Misteri di muka bumi garis nazca




Siapa yang tidak pernah mendengar fenomena Crop-circle, beberapa saat lalu bahkan menjadi topik yang hangat dibicarakan. Namun ternyata Crop-circel belum ada apa-apanya dibandingkan dengan garis Nazca yang terletak di gurun Sechura, Peru.

Garis Nazca adalah karya dari kebudayaan Nazca berbentuk garis-garis raksasa yang digambar di Gurun Sechura sekitar 200 tahun sebelum masehi sampai tahun 7 Masehi. Bila garis-garis ini dilihat dari angkasa, maka akan membentuk gambar berbagai macam hewan. Beberapa di antaranya adalah burung, laba-laba, atau bentuk geometri dengan panjang hingga puluhan meter.

Para pakar masih penasaran bagaimana manusia di zaman batu atau neolithikum bisa membuat ‘crop-circle’ raksasa di atas gurun dengan tingkat presisi tinggi. Padahal manusia di era itu baru mengenal alat-alat dari batu, belum ada kompas atau alat pengukur canggih seperti saat ini.

Ilmuwan hanya bisa mengatakan bila manusia membuat garis-garis Nazca dalam ukuran raksasa agar karya mereka bisa dilihat oleh dewa.




2. Batu Bola, Costa Rica

Misteri di muka bumi Batu Bola

Di Costa Rica ada pemandangan unik yaitu banyak ditemukan batu-batu berbentuk bulat sempurna tersebar di dalam hutan.

Arkeolog percaya batu-batu ini diukir pada masa sekitar 600 SM. Budaya Diquis yang ada pada masa antara 700 SM dan 1530 SM berkembang di Costa Rica dikaitkan dengan batu bola ini.

Ada berbagai ukuran dari batu bola ini mulai dari yang diameternya hanya beberapa senti hingga berdiameter lebih dari 2 meter. Hebatnya lagi, batu-batu berdiameter besar memiliki berat rata-rata hingga 15 ton!

3. Patung Raksasa Moai, Chili

Misteri di muka bumi patung moai

Di Chilli, tepatnya di pulau Paskah terdapat patung yang terkenal yaitu patung raksasa ‘Moai’ yang terkenal.

Menurut ahli ada lebih dari 600 moai yang tersebar di seluruh Pulau Paskah. 400 patung moai dalam bentuk yang tidak sempurna entah karena tidak selesai atau karena memang hancur.

Moai adalah patung berbentuk manusia berjenis monolitis atau patung yang dipahat menggunakan satu buah batu saja. Banyak yang percaya abhwa pulau Paskah adalah pusat peradaban suku Mu yang konon sudah memiliki teknologi sangat tinggi namun hancur karena diterpa oleh bencana alam.

Ada pula yang menganggap bahwa patung Moai dibuat sebagai penghormatan dari suku bawah untuk suku kelas atas. Karena tak tahan sebagai suku bawah yang diperlakukan semena-mena oleh suku kelas atas maka terjadi pemberontakan lalu melakukan penghancuran peradaban yang ada di Pulau Paskah. Pendapat ini dikuatkan dengan penemuan beberapa peneliti yang baru-baru ini mendapati sisa-sisa senjata seperti mata panah dan pisau di gua-gua tersembunyi Pulau Paskah.

Yang emnjadi misteri adalah tidak diketahui bagaimana bisa manusia yang hidup 400 tahun lalu bisa membangun patung batu raksasa atau memindahkannya dan tidak ditemukan alat pengangkut apapun di pulau tersebut.

4. Tombak Takdir

Misteri di muka bumi tombak takdir

Tombak takdir atau “Spear of Destiny” adalah artefak Kristen paling terkenal. Menurut legenda tombak ini milik seorang tentara Romawi bernama Longinus dan digunakan untuk memastikan Yesus meninggal pasca disalib.

Beberapa orang menyebutkan tombak itu memiliki racun mematikan dan siapapun yang menjadi pemiliknya akan mati beberapa saat bila ia kehilangan si tombak. Namun hingga saat ini keberadaan tombak tersebut tidak dapat diketahui. Tombak takdir yang disimpan di gereja St. Katherine dinyatakan palsu.

5. Tengkorak kristal suku Maya dan Aztec, Amerika Selatan

Misteri di muka bumi tengkorak kristal

Tengkorak kristal milik suku Maya dan Aztec berjumlah 13 buah dan kesemuanya tersebar di ke berbagai wilayah di dunia. Kristal pertama ditemukan oleh arkeolog pada 1927 saat melakukan penggalian situs suku Maya di Belize. Yang menjadi misteri adalah kristal ini diukir menggunakan berlian dan mendapatkan penghalusan dengan air dan silikon, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mungkin orang yang hidup ratusan tahun lalu bisa mendapatkan silikon?

Lalu, kristal yang diukir tersebut berlawanan arah, hal ini tentu adalah hal yang luar biasa dan dibutuhkan teknik luar biasa sebab kristal akan mudah hancur bila diukir berlawanan arah. Hal in masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang.

6. Segitiga bermuda

Misteri di muka bumi segitiga bermuda

Segitiga bermuda adalah wilayah yang terbentuk dari hubungan antara pulau Bermuda, Puerto Rico dan Miami. Wilayah ini terkenal sebagai tempat hilangnya banyak pesawat dan kapal, anehnya bila pesawat dan kapal diduga tenggelam harusnya bangkai benda-benda yang tak bisa dibilang kecil itu dapat ditemukan di dasar laut, namun tidak! Tak ditemukan bangkai kapal maupun pesawat yang diduga tenggelam di segitiga bermuda tidak ditemukan sampai sekarang, mereka hilang begitu saja dan sampai sekarang masih menjadi misteri bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

7. Benua Atlantis

Misteri di muka bumi Benua Atlantis

Atlantis menjadi kata yang sering disebutkan sebagai benua yang hilang. Atlantis disebutkan pertama sekali oleh pemikir Yunani, Plato dalam bukunya “Timaeus anf Critias”.menurut ia benua yang digambarkan layaknya surga ini berada di Afrika Selatan, namun pakar Hidrologi, Dhani Irwanti memperkirakan benua Atlantis berada di Laut Jawa.

Peneliti dari Brazil, Prof. Arysio Nunes do Santos juga memperkirakan bahwa benua Atlantis terdapat di Indonesia. Di sisi lain, pada 2015 silam, arkeolog dari Italia mengangkat 39 batang logam Orichalum di dekat kota Gela, Italia yang disebutkan oleh Plato berada di Benua Atlantis.

Banyaknya pendapat mengenai keberadaan benua Atlantis ini membuat posisi benua tersebut semakin tidak jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.