Dituduh Masjid di Kawasan Luar Batang Akan Turut Digusur, Ini Kata Ahok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Salah satu mesjid di pemukiman Luar Batang, Jakarta Utara menjadi perhatian publik sejak keputusan Pemprov DKI Jakarta akan menjadikan kawsasan tersebut menjadi Ruang Terbuka Hijau. Foto : tribunnews.com
Salah satu mesjid di pemukiman Luar Batang, Jakarta Utara menjadi perhatian publik sejak keputusan Pemprov DKI Jakarta akan menjadikan kawsasan tersebut menjadi Ruang Terbuka Hijau. Foto : tribunnews.com

Jakarta, Jelasberita.com | Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta menyatakan akan segera melakukan penertiban kawasan di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Hal ini terkait dengan pengalih fungsian kawasan tersebut menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Keputusan Ahok ini seketika menjadi perhatian semua publik, mengingat kawasan tersebut terdapat beberapa bangunan bersejarah, makam, serta mesjid yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Penjaringan, Jakarta Utara. Terlebih dengan adanya isu yang mengatakan Ahok juga akan turut serta menggusur mesjid yang berada dikawasan tersebut, masyarkat sekitar Penjaringan pun melakukan protes terhadapnya.




Mendengar itu, secara tegas Ahok pun segera membantahnya. Menurutnya ia hanya akan melakukan normalisasi kawasan dengan membangun sheet piles di pinggiran Pelabuhan Sunda Kelapa, sementara masjid yang berada dikawasan tersebut akan tetap dipertahankan berdiri.

“Masjid Luar Batang tidak akan kita gusur, kita hanya akan bereskan sheet piles nya. Kalau ada pendapat yang bilang saya mau gusur makam dan masjid, itu semua fitnah!” tegas Ahok di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jalan Laksda Yos Sudarso, Jakarta Utara, Selasa (29/3/2016).

Ahok juga menegaskan bahwa selama ini adanya pemeliharaan terhadap masjid di Luar Batang adalah atas dasar gagasannya, sehingga menjadi tampak lebih indah dan asri. Ia juga mengklaim bahwa dirinya lah yang memerintahkan diberinya penerangan yang maksimal di masjid tersebut, mengingat banyak turis yang melakukan kunjungan kesana.

“Jalannya saya yang rapikan, saya semen, saya bagusin, terus masjid Luar Batang juga saya cat agar tampak lebih fresh. Terus, lampu di Masjid Luar Batang juga siapa yang pasang? Siapa yang bagusin? Bisa tanya langsung sama Pak Walikota. Ini yang nyuruh. Enak saja dituduh menggusur,” tegasĀ Ahok sambil menunjuk dirinya sendiri.




“Kalau pihak pengurus masid tidak mengakui saya yang perbaiki itu masjid nggak masalah, nanti saya bisa menjelaskan sendiri kepada masyarakat soal masjid Luar Batang. Saya cuma kasih tahu saja, kalau dibilang akan digusur, itu fitnah!” tambah Ahok.

Sebelumnya terkait adanya kabar penggusuran di kawasan Luar Batang tersebut, salah satu calon lawannya di Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang, Yusril Ihza Mahendra menyatakan akan siap membela warga di kawasan tersebut. Dirinya beralasan tanah-tanah yang berada di kawasan tersebut secara hukum adalah milik warga, bukan milik Pemprov DKI.

Terkait adanya isu penggusuran masjid Luar Batang dan makam ulama Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus, Yusril juga dikabarkan akan pasang badan agar bangunan bersejarah tersebut tidak digusur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.