6 Hal yang perlu kamu tahu tentang ajang Formula 1(Nilai, Sesi, Bendera)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




ajang Formula 1

Siapa yang tak kenal dengan jet cepat di darat yaitu Formula 1. Dan salah satu anak bangsa menjadi salah satu pembalap di dalamnya yaitu Rio Haryanto. Bila anda baru mengenal olahraga ini dan ingin memahaminya anda dapat menyimak beberapa ulasan tentang pengetahuan yang pertama sekali harus anda ketahui mengenai ajang Formula 1.




1. Nilai pembalap

Dalam pemberian nilai bagi pembalap saat ajang Formula 1 maka mengikuti acuan yang telah ditetapkan seperti yang ada di bawah ini:

1 Р 25 poin

2 – 18 poin

3 – 15 poin




4 – 12 poin

5 – 10 poin

6 – 8 poin

7 – 6 poin

8 – 4 poin

9 – 2 poin

10 – 1 poin

2. ajang Formula 1 dibagi 3 sesi. Latihan, kualifikasi, balapan

Setiap ajang balap terdiri dari tiga sesi yaitu sesi latihan, babak kualifikasi, dan pertandingan balapan itu sendiri. Itulah sebabnya ajang Formula 1 diadakan selama 3 hari. Hari pertama untuk melakukan sesi latihan yang terdiri dari dua kali latihan, setiap latihan berdurasi 90 menit. Di hari kedua, sesi latihan ketiga dilanjutkan di pagi hari kemudian dilanjutkan babak kualifikasi selama 1 jam.

Dalam babak kualifikasi juga terdiri dari 3 bagian yaitu Q1, Q2, dan Q3. Untuk Q1 berlangsung selama 16 menit. Di tujuh menit pertama, pembalap yang memiliki dengan catatan waktu paling lambat akan langsung tereliminasi. Proses eleminasi akan setiap 90 detik sekali hingga sesi Q1 berakhir.

Dilanjutkan pada sesi Q2. Berbeda dengan Q1, di sesi Q2, proses eliminasi mulai dilakukan sejak enam menit pertama, lalu selanjutnya sama seperti sesi Q1, setiap 90 detik proses eliminasi dilakukan hingga tersisa 8 pembalap yang berhak untuk melaju ke sesi Q3 yang berlangsung selama 14 menit. Di sesi Q3, eliminasi dilakukan pada lima menit pertama dan selanjutnya setiap 90 detik sekali hingga tersisa dua pembalap.

Dua pembalap itu akan diadu untuk mendapatkan posisi terdepan atau biasa disebut Pole Position. Dan kedua pembalap harus memutari sirkuit selama 2 jam tanpa henti. Pertandingan ajang Formula 1 boleh dihentikan dengan alasan sirukuit bermasalah atau terjadi kecelakaan, begitupun jumlah durasi pertandingan dan jeda tidak boleh lebih dari empat jam lamanya.

3. Bendera

Pernah melihat bendera dikibarkan saat pertandingan berlangsung? Nah, bendera yang dikibarkan itu ada berbagai warna yaitu kuning, hijau, merah, biru, hitam dan papan catur. Bendera kuning artinya pemberian instruksi pada setiap pembalap untuk memelankan kendaraannya dan tidak saling menyalip.

Bendera hijau artinya pembalap sedang berada di jalur aman.

Bendera merah artinya, sesi balapan dihentikan sementara karena sesuatu hal.

Bendera biru artinya, memberi tahu pada pembalap bahwa ada kendaraan yang lebih cepat ingin menyalip.

Bendera hitam beserta nomor kendaraannya artinya ada dua yaitu kendaraan dengan nomor yang tertera telah didiskualifikasi atau perintah untuk kembali ke tempat perhentian atau pit stop.

Bendera dengan motif papan catur artinya pemberitahuan pada pembalap bahwa sesi balapan telah usai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.