3 Dugaan Penyebab Jatuhnya Pesawat FlyDubai

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




pesawat flydubai

Pesawat FlyDubai Boeing 737-800 mengalami kecelakaan pada Sabtu (19/3) di bandara Rostov-on-Don, Rusia, kecelakaan tersebut menelan korban tewas sebanyak 55 orang penumpang dan 7 awak. Namun hingga hari ini, penyebab dari kecelakaan yang dialami oleh pesawat FlyDubai belum juga diketahui.




Namun, ada 3 dugaan penyebab kecelakaan yang jatuh dan gagal landing di bandara Rusia tersebut. Sebelum pesawat jatuh, FlyDubai ternyata berputar-putar selama 2 jam di atas bandara terlebih dahulu untuk mencari posisi yang pas dalam melakukan pendaratan. Di upaya pertama pesawat mengalami kegagalan hingga kembali lagi terbang dan berputar-putar lalu ketika menjalani upaya kedua pesawat FlyDubai jatuh.

1. Dugaan penyebab jatuhnya pesawat FlyDubai bisa jadi karena Kesalahan Manusia

Walau pilot dari pesawat nahas itu telah memiliki enam ribu jam terbang, kemungkinan dia melakukan kesalahan memang kecil namun hal tersebut tidak bisa diabaikan. Kapten Aristos Sokratous adalah pilot yang bertugas untuk mengudarakan FlyDubai ke Rusia pada Sabtu (19/3).

Kesalahan yang dilakukannya adalah, Pertama, mengambil pilihan utnuk tetap mendaratkan pesawat walau cuaca sedang buruk dan juga telah salah mengemudikan pesawat. Dalam latihan penerbangan yang dilakukan semua siswa penerbangan juga tertera bila cuaca buruk maka awak kapten diminta untuk terbang menjauh dan mendarat di bandara cadangan atau bandara lain. Dan hal ini biasanya diperingatkan oleh Ahli penerbangan yang berada di menara pantau kepada setiap pilot pesawat.

2. Namun kesalahan teknis juga tak bisa diabaikan

Otoritas Rusia turut mengambil tindakan penyelidikan mengenai penyebab jatuhnya pesawat FlyDubai dan mengambil kemungkinan bahwa ada kesalahan teknis saat peristiwa nahas tersebut terjadi. Namun muncul pertanyaan aneh yaitu mengapa awal pesawat harus mengambil waktu yang cukup panajng yaitu 2 jam untuk melakukan 2 upaya pendaratan? Apakah mungkin dalam waktu tersebut mereka sedang mencoba memperbaiki persoalan teknik yang muncul?




3. Saat melakukan pendaratan ternyata kondisi cuaca buruk

Saat pesawat jatuh di bandara Rostov-on-Don, tercata kecepatan angin mencapai 22 meter per detik dan keadaan langit berawan dan hujan. Dimintai pendapat sebagai Kepala Komite Transportasi Duma Rusia, Evgeny Moskvichev, kemungkinan besar bahwa cuaca buruk adalah alasan utama kecelakaan terjadi bisa saja kita percayai mengingat kondisi cuaca yang ada di bandara memang sangat buruk.

“Fakta bahwa pesawat terbang berputar di sekitar area itu selama dua jam ketika pesawat lain menuju bandara lain menunjukkan bahwa kecepatan angin sangat kuat,” jelas Moskvichev.

Namun pendapat ini ditolak mentah oleh CEO FlyDubai Geith Al Gheit, pihak tersebut menyatakan bahwa bila kondisi cuaca memang tidak baik maka pesawat tak mungkin tetap memutuskan untuk terbang ke Rostov-on-Don.

Tetapi karena kotak hitam telah ditemukan maka semua jawaban alasan dari jatuhnya pesawat FlyDubai akan terkuak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.