Bukan Untuk Membalas Kritik SBY, Ini Alasan Jokowi Melakukan Kunjungan Ke Hambalang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Hambalang. Foto : kabar24.bisnis.com
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Hambalang. Foto : kabar24.bisnis.com

Jakarta, Jelasberita.com| Berbagai polemik muncul setelah Presiden Jokowi melakukan kunjungan untuk melihat kondisi proyek wisma atlet Hambalang yang dulu sempat terhambat proses pembangunannya pada saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal ini pula lah yang kemudian memunculkan berbagai opini, mulai dari ungkapan dukungan terhadap tindakan Presiden Jokowi hingga kritikan pedas atas kunjungan yang dilakukan Presiden Jokowi.

Sebagai pihak yang mengkritik, hal ini dinilai hanya sebagai balasan dari kritikan yang disampaikan SBY melalui akun twitternya terhadap pemerintahan Jokowi berlangsung saat ini. Sedangkan dari pihak yang mendukung, hal yang dilakukan Presiden Jokowi ini wajar dilakukan, mengingat sebagai Pemimpin Negara ia perlu melakukan perbaikan diberbagai pihak.




Menanggapi opini-opini yang mulai muncul kepermukaan tersebut, Presiden Jokowi melalui Juru Bicara Presiden, Johan Budi melakukan klarifikasi.

Ia mengatakan kalau kunjungan ke Hambalang tersebut bukan semata-mata untuk melakukan balasan kritikan SBY terhadap Pemerintahan Jokowi, melainkan sebagai tujuan untuk menyelamatkan aset negara yang dulu sempat terabaikan.

“Sekali lagi, jangan dikait-kaitkan Kunjungan ke Hambalang ini sebagai bagian untuk membalas kritik dari SBY. Sama sekali tidak ada hubungannya,” jelas Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/3/2016).

“Kunjungan ini murni untuk menyelamatkan aset negara. Rencana kunjungan ini bahkan sudah direncanakan jauh hari sebelum SBY menggear Tor de Java bersama istrinya, Ani Yudhoyono. Presiden langsung yang meminta Menpora untuk mencari tahu situasi terkini proyek Hambalang,” tambahnya.




Johan juga menambahkan, bahwa blusukan yang dilakukan Jokowi ke Hambalang bertujuan untuk mempercepat semua proses pembangunan proyek yang sudah terhambat bertahun-tahun di Indonesia. Hal ini juga dibuktikan dengan tidak hanya melakukan kunjungan ke Hambalang, tetapi juga melihat proyek pembangunan tol.

Sebelumnya SBY yang melakukan Tour de Java di Pati, Rabu (16/3/2016), tiba-tiba saja ia memberikan kritikan terhadap kinerja Presiden Jokowi. Hal ini ia ungkapkan pada akun twitter pribadinya miliknya.

“Saya mengerti, pembangunan infrastruktur diperlukan di segala bidang, seperti dermaga, jalan dan lainnya. Tapi, kalau pengeluaran sebanyak itu dari mana dananya? Pastinya dari pajak yang sebanyak-banyaknya juga. Padahal kondisi ekonomi kita sedang lesu-lesunya,” kata SBY.

“Sebaiknya belanja infrastruktur dikurangi atau ditunda dulu sementara hingga tahun mendatang. Jangan dipaksa harus selesai tahun ini. Sehingga jika ekonomi lesu, tidak lagi bertambah kesulitannya. Itu politik ekonomi,” ujar SBY.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.