Kazakhstan larang pejabatnya gunakan smartphone saat kerja

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kazakhstan

Otoritas Kazahstan baru-baru ini mengeluarkan otoritas baru yaitu mereka melarang terutama pejabat pemerintahan dan para tamu untuk membawa apalagi menggunakan smartphone milik mereka di dalam gedung pemerintahan.




Ternyata peraturan ini berdasarkan alasan agar dokumen maupun informasi penting milik negara yang sensitif tidak bocor ke ranah publik. Tak hanya smartphone namun disebutkan pula tablet, smartwatch, maupun perangkat canggih lainnya. Saat memasuki gedung pemerintahan maka beberapa petugas akan melakukan pemeriksaan dan barang-barang tadi akan dijaga oleh mereka selama pemiliknya melakukan aktivitas di dalam gedung pemerintahan.

Dilansir melalui Reuters, Kazakhstan mengakui melalui sebuah memo bahwa kasus dari kebocoran informasi rahasia melalui aplikasi di smartphone semakin meningkat frekuensinya, untuk itu dibutuhkan penanganan khusus akan hal ini.

Memo tersebut mengatakan bahwa seluruh pejabat negara harus menyerahkan perangkat canggih mereka di pintu masuk gedung. Alat apa saja yang dapat melakukan komunikasi, merekan gambar, merekam suara, dan memiliki koneksi internet semuanya dilarang melewati pintu masuk.

Menteri-menteri Kazakhstan mengakui kebenaran dari memo tersebut. Dan mereka menilai bahwa tindakan ini adalah hal yang wajar di kepemerintahan mana saja dalam melindungi informasi negaranya. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan Sosial Kazakhstan, Tamara Duseynova pada media, “tindakan ini adalah hal biasa di banyak pemerintahan, dan saya pikir itu normal karena kita tidak dilarang menggunakan ponsel pintar saat keluar dari gedung”.




Hal ini juga dibenarkan oleh menteri Dalam Negeri Kazakhstan, ia juga menambahkan bahwa perangkat yang ditinggalkan harus dalam keadaan fungsi standar.

Kasus kebocoran informasi negara melalui aplikasi secara umum sering diterima oleh media, dan kasus yang baru saja terjadi yaitu informasi mengenai dekrit presiden kepada pemerintah untuk menganalisa sesuatu hal yang tidak sembarangan dan tak biasa. Dekrit tersebut bersifat pribadi, seperti daftar anggaran, kasus pembunuhan, dan lain sebagainya.

Sedangkan Rusia dalam mencegah kebocoran informasi yang pernah terjadi sperti yang dilakukan Edward Snowden maka mereka meminta kepada FSO untuk pengadaan mesin ketik listrik, lata jadul dan mahal ini diyakini mencegah kebocoran informasi berbeda dengan perangkat komputer yang mudah diretas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.