Dibalik patung Liberty yang gagah terselip rahasia besar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




patung liberty

Patung Liberty merupakan ikon populer dan juga sebagai lambang kebebasan publik dari Amerika Serikat. Sejak diresmikan pada pada tahun 1886, publik mulai berdatangan, tak hanya wisatawan domestik namun mancanegara juga datang ingin menyaksikan kemegahannya.




Namun dibalik patung seorang wanita dengan memeluk buku dan mengangkat obor ini tersimpan banyak sekali rahasia yang tidak diketahui oleh orang banyak.

Melalui Travelandleisure.com, ada beberapa hal yang merupakan rahasia mencengangkan dari patung Liberty. Berikut ulasannya.

Mitos bahwa pemerintah Prancis menghadiahkan patung itu

Memang benar bahwa Prancis terlibat dalam pembuatan patung Liberty namun patung ini bukanlah hadiah dari Prancis untuk Amerika Serikat dan hal itu adalah mitos besar. Seorang pemahat asal Prancis, Frederic Auguste Bartholdi memang memberikan gagasan dalam pembuatan patung tersebut namun sebagian besar biaya membuatan dan pembangunan dari patung yang berada di pinggir laut tersebut diperoleh dari publik Amerika.

Patung Liberty awalnya hendak berada di Terusan Suez

Pemahat patung Liberty, Bartholdi awalnya berebcana untuk meletakkan patung tersebut di Terusan Suez, dan bukannya di Amerika Serikat.




Makna dari rantai di kaki Lady Liberty

Sebagai peringatan bahwa berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat maka Bartholdi memberikan lambang rantai yang rusak di kaki Lady Liberty dengan makna tak ada lagi perbudakan.

Simbol kegagalan penggalangan dana melalui 40 cakram kosong di alas Liberty

Bartholdi menemui cukup banyak kesulitan dalam mengumpulkan dana guna membangun lady Liberty. 40 perwakilan dirinya ia kirim ke seluruh wilayah Amerika guna menggalang dana untuk pembangunan namuan semuanya menemui kegagalan dengan itu ia menyimbolkannya melalui 40 cakram kosong di alas Liberty untuk memperingatinya.

Lady Liberty hanmpir dilupakan

Enam bulan setelah diresmikannya Lady Liberty, seorang awak media berkunjung ke pulai tempat patung itu berada menyaksikan bahwa nyaris tidak ada pengunjung dan patung itu seakan telah ditinggalkan.

Awalnya berwarna emas kini berubah hijau

Bartholdi membuat Lady Liberty berwarna emas dengan menggunakan tembaga namuna seiring waktu dan perubahan iklim setiap tahunnya tembaga tersebut bukannya berwarna emas malah berubah menjadi hijau.

Wajah siapa yang digunakan pada lady Liberty?

Banyak yang berasumsi bahwa Bartholdi membuat patung itu menyerupai wajah ibunya, tapi ternyata tidak. Beberapa pernyataan mengatakan bahwa pemahat dari Prancis tersebut menggunakan wajah kakak laki-lakinya.

Lady Liberty adalah karya pertama Gustave Eiffel

Gustave Eiffel adalah pembangun dari menara Eiffel namun sebelum membangun karyanya yang terkenal di Paris, Prancis tersebut ternyata ia lebih dulu membantu dalam pembangunan patung Liberty. Kerangka pada Lady Liberty adalah buah karyanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.