Apa itu ruang Hiperbarik? Berikut penjelasannya

ruang hiperbarik

Jelas Berita – Ruang Hiperbarik belakangan menjadi sorotan akibat musibah kebakaran yang menimpa satu buah ruang Hiperbarik milik Rumah Sakit Angkatan Laut Mitohardjo. Di dalam ruang Hiperbarik tersebut terdapat empat korban tewas yaitu Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo, mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira, Edi Suwandi dan seorang dokter bernama Dimas.

Apa itu ruang Hiperbarik?

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kadispen TNI AL Laksamana Pertama M Zainudin, kebakaran yang terjadi di ruang Hiperbarik pulau Miangas diakibatkan oleh korsleting listrik. Keempat korban yang terdapat di dalam ruangan tersebut tidak dapat diselamatkan.




Hiperbaric adalah terapi pengobatan dan kesehatan memanfaatkan oksigen murni dengan tekanan udara mulai 1,3 hingga 6 atmosfer (ata) di dalam sebuah ruang udara bertekanan tinggi atau disebut hiperbaric chamber.

Ruang Hiperbarik menggunakan oksigen murni yang baik untuk tubuh

Oksigen yang digunakan berbeda dengan yang diangkut darah, oksigen untuk terapi ini menggunakan oksigen murni yang mudah larut dalam cairan tubuh seperti darah, saraf, sistem getah bening, hingga ke tulang. Penyerapan oksigen murni oleh tubuh memiliki manfaat memperbaiki jaringan yang rusak.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.