Apa itu ruang Hiperbarik? Berikut penjelasannya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




ruang hiperbarik

Jelas Berita – Ruang Hiperbarik belakangan menjadi sorotan akibat musibah kebakaran yang menimpa satu buah ruang Hiperbarik milik Rumah Sakit Angkatan Laut Mitohardjo. Di dalam ruang Hiperbarik tersebut terdapat empat korban tewas yaitu Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo, mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira, Edi Suwandi dan seorang dokter bernama Dimas.




Apa itu ruang Hiperbarik?

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kadispen TNI AL Laksamana Pertama M Zainudin, kebakaran yang terjadi di ruang Hiperbarik pulau Miangas diakibatkan oleh korsleting listrik. Keempat korban yang terdapat di dalam ruangan tersebut tidak dapat diselamatkan.

Hiperbaric adalah terapi pengobatan dan kesehatan memanfaatkan oksigen murni dengan tekanan udara mulai 1,3 hingga 6 atmosfer (ata) di dalam sebuah ruang udara bertekanan tinggi atau disebut hiperbaric chamber.

Ruang Hiperbarik menggunakan oksigen murni yang baik untuk tubuh

Oksigen yang digunakan berbeda dengan yang diangkut darah, oksigen untuk terapi ini menggunakan oksigen murni yang mudah larut dalam cairan tubuh seperti darah, saraf, sistem getah bening, hingga ke tulang. Penyerapan oksigen murni oleh tubuh memiliki manfaat memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain itu dapat pula menyembuhkan luka yang sulit sembuh seperti luka yang diderita oleh penderita diabetes. Terapi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam mengatasi infeksi dan memperlancar pembuluh darah dan dapat membantu tubuh dalam membuat jaringan – jaringan darah yang baru sehingga terhindar dari penyumbatan pembuluh darah.




Digunakan oleh penyelam

Terapi hiperbaric biasa digunakan oleh para penyelam atau orang-orang yang melakukan aktivitas di bawah air. Terapi ini dilakukan sebelum dan sesudah melakukan penyelaman dengan tujuan menetralisir kadar nitrogen dalam darah dan melatih tubuh menerima tekanan udara. Tekanan udara yang diterima tubuh dapat mengakibatkan munculnya gelembung nitrogen dalam paru-paru sehingga dapat merusak pembuluh darah. Waktu yang dibutuhkan untuk terapi ini mulai dari 15 hingga 30 menit.

Orang yang melakukan terapi ini diharuskan menggunakan masker oksigen. Saat mesin dinyalakan maka tubuh akan merasakan tekanan udara menyerupai ketika kita menyelam di dalam air, secara konstan tekanan ini meninggi dan telinga akan terasa mampat inilah yang dinamakan tahap dekompresi.

Secara perlahan tekanan akan meningkat dan suhu ruangan ikut meningkat seiring dengan kenaikan tekanan udara. Setelah mencapai tingkatan tertentu maka tekanan udara dakam ruangan akan dikembalikan pada tekanan dan suhu semula secara bertahap pula.

Boleh makan permen dan minum

Menurut pengalaman yang dituturkan oleh salah satu presenter televisi swast, Mochamad Achir  yang pernah mencoba ruangan tersebut, mereka diperbolehkan untuk makan permen dan minum di dalam ruangan dengan tujuan untuk menetralisir tekanan yang diterima oleh tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.