Kaminoko Ike dari Jepang Kembaran Danau Kaco Kerinci

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Kaminoko Ike
Kaminoko Ike, Hokkaido, Jepang

Kaminoko Ike atau dalam bahasa Indonesia artinya kolam anak dewa adalah sebuah danau mungil yang terletak di kawasan Kiyosato-Cho, dekat Ura Mashu (Danau Mashu), Hokkaido, Jepang. Kaminoko Ike juga merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dikatakan mungil karena hanya memiliki luas 220 meter dan dalam danau ini hanya 5 meter sama seperti sebuah kolam renang yang luas. Uniknya adalah danau mungil ini memiliki kejernihan air yang hampir sama dengan kaca buktinya lihat saja pada gambar yang tercantum, batang-batang pohon yang berada di dasar danau bisa terlihat dengan jelas. Batang-batang pohon yang telah mati dan malang melintang tersebut tidak membusuk karena suhu kolam anak dewa ini selalu konstan yaitu 8 derajat Celcius sepanjang tahun. Bahkan batang-batang pohon tersebut terlihat membeku di dasar kolam.




Kaminoko-Ike
Kaminoko Ike, Hokkaido, Jepang

Menurut Japan Info, air yang berada di Kaminoko Ike ini berasal dari lelehan es yang hanyut dan mengalir memenuhi Ura Mashu selama musim dingin. Karena Jepang memiliki 4 musim maka warna air dari Kaminoko Ike ini akan berubah-ubah pula mengikuti musim.

Kadang air kolam anak dewa ini terlihat biru pucat dan sangat dangkal, kadang kala ia tampil dengan warnanya yang paling indah yaitu hijau zamrud cemerlang. Maka wisatawan yang mendatanginya berkali-kali akan mendapatkan pengalaman yang berbeda di setiap kunjungan.

Kaminoko Ike berada di tengah-tengah jajaran perbukitan yang hijau dan cukup menarik untuk didaki. Selain itu, di dalam kolam anak dewa juga menjadi rumah bagi ikan-ikan trout merah.

Tahukah kamu bahwa Kaminoko Ike mengingatkan kita pada Danau Kaco di Kerinci, Jambi?




Ya benar, Indonesia juga memiliki kolam yang sama persis dengan Kaminoko Ike di Jepang, namanya Danau Kaco, terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Namun berbeda dengan kolam anak dewa, Danau Kaco hanya memiliki luas sekitar 30 meter sedangkan kedalamannya tidak ada yang dapat memastikan seberapa dalam sehingga sampai sekarang kedalaman dari danau Kaco masih menjadi misteri.

Danau Kaco
Danau Kaco, Kerinci, Jambi

Warna yang jernih dari danau Kaco tak kalah cantik dengan Kaminoko Ike dari Jepang bahkan Danau Kaco juga menjadi rumah bagi ikan-ikan semah. Namun ada hal yang menjadi kelebihan dari Danau Kaco. Akan terjadi fenomena alam saat bulan purnama yaitu danau kaco akan memancarkan cahaya terang saat terjadi bulan purnama, dan fenomena ini sudah banyak disaksisak oleh para pendaki maupun wisatawan lainnya.

Jadi, jika anda merasa terlalu jauh ke Jepang kenapa tidak mengunjungi yang paling dekat dulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.