Ini Lho! Persiapan saat mengawali olahraga lari

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




olahraga lari

Beberapa waktu lalu sebuah kabar mengenai seorang mahasiswa yang tewas saat melakukan tes lari di kampus ITB menjadi viral. Mahasiswa bernama Alfath tewas sesaat ketika mulai menjalani tes lari di kampus tersebut, turut berduka atas kemalangan yang menimpa korban.




Nah, olahraga lari bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh, agar tidak terjadi hal-hal serupa apa yang terjadi pada Alfath maka sebaiknya bagi anda yang ingin mengawali olahraga lari menyiapkan hal-hal berikut ini.

1. Awali dengan pemanasan

Sebelum melakukan aktivitas berat, seperti melakukan pergerakan otot, tulang dan sendi diwajibkan untuk melakukan pemanasan perlebih dahulu. Tujuannya adalah agar tidak terjadi cidera otot seperti keseleo, salah urat, sakit otot, kram, terkilir dan lain sebagainya. Lakukan pemanasan secara ringan dan tidak berlebihan.

2. Hidrasi tubuh sebelum olahraga lari

Melakukan olahraga berarti membuat tubuh kita mengeluarkan cairan dan kalori. Sebaiknya minum cukup air sebelum, saat bahkan sesudah olahraga untuk menyeimbangkan metabolisma dalam tubuh sehingga caira n yang keluar dari dalam tubuh segera tergantikan dengan mengasup air yang cukup.

3. Makanlah secukupnya

Sebaiknya makanlah satu jam sebelum anda melakukan olahraga namun jangan terlalu kenyang bahkan waktu paling tepat adalah lakukan olahraga dua jam setelah anda makan. Hal ini disebabkan karena tubuh akan berkonstentrasi pada mencerna makanan dan membakar kalori sehingga kinerja tubuh menjadi lebih berat. Efek sampingnya adalah perut akan terasa tidak nyaman selama berolahraga.




4. Gunakan perlengkapan olahraga yang tepat

Sesuaikan perlengkapan dengan jenis olahraga yang akan anda lakukan, bila olahraga yang akan anda lakukan adalah joging maka gunakan sepatu berlari begitu pula dengan olahraga lainnya. Perlengkapan yang tidak tepat dapat mendatangkan cidera saat melakukan olahraga tersebut.

5. Ketahui rute dan jarak

Kalau hanya joging dengan tujuan bugar maka tak perlu anda lari mati-matian menggunakan jarak yang jauh, cukup gunakan rute pendek dengan kecepatan lari yang stabil. Jika ingin menggunakan rute yang jauh sebaiknya bagi pemula jangan langsung mencoba, lakukanlah secara bertahap. Di awali dengan jarak pendek, kemudian di lain waktu ditingkatkan, begitu selanjutnya.

6. Gunakan waktu yang tepat

Lari saat pagi hari dipercaya adalah waktu yang paling tepat untuk anda pilih, selain udaranya yang masih segar, berlari di pagi hari juga belum diganggu oleh pekerjaan anda yang lainnya berbeda dengan sore hari yang masih banyak orang terlibat dalam aktivitas hariannya, sedangkan berlari pada malam hari mengakibatkan anda sulit tidur.

7. Mengetahui teknik dasar berlari

Pengetahuan sederhana yang bermanfaat adalah saat berlari, mendaratlah menggunakan kaki bagian depan dan bukannya tumit, bila sebaliknya maka benturan dengan tanah ataupun aspal dapat membuat nyeri pada pergelangan lutut, panggul, kaki dan pinggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.