Ternyata Kalsium bisa didapat di bahan ini…

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kalsium bisa didapat dari susu

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi anak kecil yang sedang mengalami pertumbuhan. Selain memperkuat tulang juga mempercepat pertumbuhan gigi dan kuku. Kalsium biasanya diperoleh dari susu. Namun hal ini tentu akan menjadi sebuah kesulitan bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu.




Dan ternyata Kalsium bisa didapat di bahan-bahan ini selain susu, coba cek di bawah ini yuk!

Wijen

Minyak-Wijen

Biji berwarna putih dan berukuran kecil ini biasa digunakan sebagai garnish makanan korea. Namun ternyata walau berbentuk imut, wijen memiliki kandungan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Beri makan anak anda setiap hari dengan menaburkan sejumput wijen ke atas nasinya maka akan mencukupi kebutuhan kalsiumnya. Wijen juga dapat mencegah kerontokan rambut dan memperlambat proses pemutihan pada rambut karena mengandung lesitin.

Kulit udang

kulit-udang




Jika membeli udang maka jangan buang kulitnya!

Udang memang mengandung kolesterol jahat namun kulit udang mengandung kolesterol baik yang dapat meluruhkan kolesterol jahat tersebut. Selain itu ternyata kulit udang mengandung 10 kali lipat kalsium dibanding dengan susu.

Keju

keju

Makanan olahan dari susu ini memiliki manfaat susu dan tentunya juga mengandung kalsium. Rasanya yang gurih membaut ia disenangi oleh anak-anak yang emmbutuhkan abnyak asupan zat kalsium sehingga cocok bila diberikan pada anak-anak.

Kalsium bisa di dapat dari Sawi

sayuran-sawi-hijau

Sayur yang kaya akan vitamin A, B, dan D ini ternyata juga Kalsium bisa didapat dari sayuran ini, walau tak sebanyak susu. Sawi juga berfungsi sebagai bahan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan dapat memperlancar buang air besar. Bagi manula sangat dianjurkan mengkonsumsi sawi ini.

Teripang atau timun laut

teripang

Teripang atau timun laut adalah hewan laut yang mengandung banyak nutrisi dan kaya akan kalsium. Mengkonsumsi teripang saat diet sangat dianjurkan karena emngandung lemak yang sangat sedikit. Teripang juga dapat mengganti sel-sel mati dalam tubuh atau bisa disebut mampu meregenerasi kulit menjadi lebih muda kembali.

Rumput laut dan olahannya nori

rumput-laut-indonesia

Baik rumput laut yang belum diolah maupun hasil olahannya yaitu nori sama-sama kaya akan kalsium. Jika dikonsumsi maka baik untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis ditambah lagi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamur kuping merah

jamur-kuping

Jamur kuping ini biasanya diolah menjadi sayur sop bersama bakso ikan dan bunga pisang namanya Kim Lo. Jamur yang kenyal dan berwarna merah ini ternyata mampu menurunkan darah tinggi, meningkatkan produksi sel darah merah, dan juga mengandung banyak sekali kalsium.

Kacang hitam

kacang-hitam

Kacang berukuran kecil dan biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kecap ini mengandung 2 kali lipat protein dibanding protein dari daging, 3 kali lipat protein telur, dan 12 kali lipat protein susu. Tak hanya protein saja ternyata kacang hitam juga kaya akan kalsium. Uniknya lagi kacang hitam tak mengandung kolesterol malah memperlancar peredaran darah, mencegah penuaan dini dan memperhalus kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.