Daftar Wilayah Terkena Gerhana Matahari Total

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




gerhana matahari

Gerhana matahari yang akan menyambangi Indonesia besok (9/3) membuat banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk menyaksikan fenomena alam langka yang hampir berpuluh tahun terjadi kembali.




Indonesia dengan kekayaan alamnya mendapatkan keistimewaan oleh alam untuk dapat menyaksikannya. Ada 9 tempat yang akan dilalui oleh Gerhana Matahari Total. Bagi anda yang ingin menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total maka simak dalam daftar di bawah ini lengkap dengan objek wisata yang terkenal di tempat tersebut. Di mana sajakah itu?

1. Bangka Belitung

Tempat yang terkenal karena film Laskar Pelangi ini mendapatkan keistimewaan untuk melihat Gerhana Matahari Total. Jangan sampai anda melewatkan Pantai Tanjung Layang yang masuk ke dalam film Laskar Pelangi karya Andre Hirata. Mempesona karena air laut yang jernih membiru dipercantik oleh sang Pencipta dengan hamparan pasir putih juga dihiasi oleh bebatuan karang nan elok.

2. Palembang

Jangan hanya terpesona dengan Gerhana Matahari Total yang terjadi beberapa menit, setelah menyaksikan fenomena alam tersebut pastikan anda sempat berselfie ria di Jembatan Ampera juga mengenang sejarah di Benteng Kuto Besak ya.

3. Palangkaraya

Pulau Borneo yang juga menyatukan wilayah Brunei Darussalam dengan Indonesia juga tak luput dilewati oleh Gerhana Matahari Total. Namun pastikan anda menyaksikan sungai terlebar di Kalimantan yaitu Sungai Kahayan.




4. Sampit

Masih dalam wilayah pulau Kalimantan, anda dapat menhabiskan waktu sambil melihat matahari terbenam di pantai Ujung Pandaran seusai menyaksikan Gerhana Matahari Total paginya. Pantai berpasir halus ini akan membuat anda betah dengan air lautnya ayng berwarna biru.

5. Balikpapan

Kalau tak bisa melihat Gerhana Matahari Total di Sampit atau Palangkaraya anda juga bisa melihat fenomena alam ini tetap di Kalimantan namun di Balikpapan. Objek wisata yang dapat anda kunjungi selain melihat keistimewaan dari matahari juga dapat melihat pantai canti yaitu Pantai Manggar yang terkenal.

6. Palu

Bergeser ke pulau Sulawesi. Gerhana Matahari Total akan melewati kota Palu. Setelah berpuas ria dengan melihat fenomena alam tersebut anda dapat bermain air di pantai Talise yang luas. Pantai di sini masih indah dan jernih karena jarang tersentuh oleh tangan manusia yang merusak.

7. Poso

Lupakan sejarah kelamnya di masa lalu karena kota ini memiliki objek wisata yang indah dan lebih banyak rugi jika kita melewatkannya dan hanya melihat Gerhana Matahari Total saja. Anda dapat berkunjung ke Danau Poso, Air terjun Salewana, air terjun Saluopa, Lembah Bada dan Goa Pamona

8. Luwuk

Luwuk menjadi daerah karena selain dilewati oleh Gerhana Matahari Total namun keindahan pantai Kilo Lima dan Teluk Lalong juga tak dapat dilewatkan. Pasir putih dan air laut yang membiru memangnya bisa membuat mata anda untuk berpaling?

9. Maluku Utara

Maluku Utara menjadi wilayah yang paling lama dilewati oleh Gerhana Matahari yaitu sekitar 3 menit, berbeda dengan wilayah lain yang hanya dilewati sekitar 2 menit. Istimewanya lagi, Maluku Utara adalah wilayah yang mempesona dengan wisata pantainya. Ada pantai Tobololo, pantai Buli, pantai Mabapura, Pantai Subaim, pantai Gotowasi, Pantai Ekor, dan juga Pantai Lolobota. Selain pantai Maluku utara juga memiliki wisata alam lain yaitu Danau Laguna dan juga Danau  Bicoli. Kalau sudah berada di sini jangan lupa untuk mengunjungi semua pesona alam buatan Illahi bukan buatan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.