ISIS Masih Eksis di Indonesia, 5 Masjid di Jakarta Jadi Tempat Perekrutan Anggota ISIS

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





5 Masjid di Jakarta diduga menjadi tempat perekrutan anggota Isis. Foto : surabayatimes.com
5 Masjid di Jakarta diduga menjadi tempat perekrutan anggota Isis. Foto : surabayatimes.com

Jakarta, Jelasberita.com| Keberadaan kelompok teroris ISIS beberapa hari ini sedang berkembang di Indonesia. Kabarnya kelompok ini tengah menunjukkan eksietensi mereka dengan kembali merekrut anggotanya di beberapa kota di Indonesia. Salah satu yang paling banyak menarik perhatian publik adalah kabar akan keberadaan kelompok teroris ini di Ibu Kota, Jakarta. Hal ini seperti yang diberitakan oleh Kantor Berita Australia, ABC News pada Senin (22/2/2016) lalu.

Berdasarkan laporan ABC News, sumber ABC yang merupakan mantan anggota ISIS, mengatakan bahwa ada sebuah Masjid yang bernama Masjid As-Syuhada yang terletak disebuah perkampungan kecil di Jakarta. Masjid ini sering dijadikan tempat rahasia tempat berkumpulnya kelompok radikal ini. Bahkan sumber itu juga menyebutkan bahwa Masjid ini juga dijadikan sebagai tempat untuk merekrut angota-anggota baru yang ingin bergabung ke kelompok ISIS.




Seorang wartawan ABC, yang merupakan warga negara Indonesia mengakui bahwa ia sempat merekam beberapa pertemuan dari kelompok ISIS di Masjid ini. Meskipun sempat mendapat hambatan dalam proses perekaman pertemuan tersebut karena mendapat larangan dari para anggota ISIS i Masjid tersebit, tapi gambar video secara diam-diam sangat jelas memperlihatkan pertemuan itu.

“Mereka menyatakan menyatakan bahwa wilayah tempat mereka berada merupakan wilayah Islam (ISIS), dimana hukum Allah sangat dijunjung tinggi di wilayah ini, dan tanpa ada intimidasi dari negara-negara asing. Dan dalam mendeklarasikan Negara Islam kita harus merelakan nyawa dan kekayaan kita (dikutip dari perkataan ulama garis keras Syamsudin Uba dalam pertemuan itu),” kata wartawan tersebut di ABC News.

Media Australia lainnya, The Sydney Morning Herald juga menyebutkan bahwa ada satu masjid lainnya yang dijadikan sebagai tempat pertemuan para anggota ISIS, yakni Masjid Al Fataa yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Berita ini sesuai dengan rekaman video eksklusif dari analis terorisme Indonesia dan pembuat film dokumenter Noor Huda Ismail.

Dari video tersebut, tampak beberapa pemuda Indonesia yang datang ke masjid tersebut diambil sumpah setianya untuk dijadikan anggota ISIS didepan pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi.




Selain kedua Masjid tersebut, juga terdapat tiga masjid lainnya yang dinyatakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan dari kelompok ISIS tersebut.

Terkait akan adanya kabar tersebut, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan mengaku akan mengadakan investigasi khusus ke Masjid-Masjid yang disebut sebagai sarang pertemuan ISIS tersebut.

“Saya akan lakukan investigasi khusus untuk mencari tahu kebenarannya,” ujar Luhut, Selasa (23/2/2016).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.