Penerapan Program Kantong Plastik Berbayar Untuk Mengurangi Sampah Plastik di Indonesia, Sudah Efisienkah?

Beberapa warga menunjukkan kantong belanja saat kampanye #Pay4Plastic dalam Gerakan Indonesia Diet Plastic. Foto : beritagar.id

Jakarta, Jelasberita.com| Masalah sampah merupakan masalah yang paling serius untuk ditangani di Indonesia sekarang ini. Apalagi populasi sampah yang semakin meningkat membuat pemerintah Indonesia harus berpikir keras untuk mengatasinya, mengingat lahan sebagai Tempat Pembuangan Akhir sampah sudah semakin sempit ketersediaanya belakangan ini.

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) , populasi sampah yang terdapat di Indonesia dalam setahun bisa mencapai 64 juta ton, dan sekitar 14% diantaranya merupakan sampah plastik yang beratnya mencapai 8,9 juta ton. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan, mengingat sampah plastik membutuhkan waktu hingga 200 tahun untuk dapat meleburkannya dengan tanah. Untuk itu, Pada Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari kemarin, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan Indonesia harus menjadi negara bebas sampah pada 2020 mendatang. Salah satu program yang diterapkan untuk merealisasikan target tersebut adalah dengan memberlakukan program kantong plastik berbayar.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.