Manakah Gol Yang Paling Kontroversi Dari 10 Gol Kontroversi Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  






Gol penalti messi ketika melawan celta vigo menjadi kontroversi. Foto : harianindo.com

Medan, Jelasberita.com| Tentunya masih segar di pikiran kita, gol kontroversi yang melibatkan persekongkolan antara Lionel Messi dan Luis Suarez ketika Barcelona dihadiahi penalti saat laga Barcelona vs Celta Vigo, Minggu (14/2/2016) waktu setempat. Saat itu, Messi yang mengambil tendangan penalti tersebut tidak langsung melesakkan bola ke arah gawang Celta Vigo. Dengan cerdik, Messi yang sudah melihat pergerakan kiper Celta Vigo malah mengoper bola kearah Suarez yang sudah berancang-ancang untuk menendang keras operan bola dari Messi tersebut. Alhasil, gol dari Suarez tersebut pun melengkapi hattricknya pada laga tersebut dan membuat Barcelona menang besar 6-1 atas Celta Vigo.

Gol tersebut sontak menjadi perbincangan di dunia maya maupun bagi liga-liga sepakbola dunia. Gol yang sempat dijuluki “penalti abad ini” oleh media Spanyol dinilai sangat beresiko dan dianggap sangat tidak menghormati lawannya, Celta Vigo kala itu. Bahkan, banyak juga yang menganggap bahwa gol tersebut tidak dapat disahkan dan banyak juga yang menganggap gol tersebut bisa terjadi akibat peraturan di La Liga Spanyol yang tidak ketat. Salah satunya adalah komentar pelatih anyar, Carlo Ancelotti. Ia mnegatakan gol tersebut dapat saja disahkan di Spanyol, tapi tidak dengan Italia.




“Saya sangat terkejut dengan gol tersebut. Saya kira boleh-boleh saja jika gol tersebut dilakukan di Spanyol karena peraturan yang tidak ketat disana. Namun jangan coba-coba untuk melakukannya di Italia, Anda akan mendapat masalah besar karena itu,” ujarnya.

Tapi apakah kalian tahu, bahwa sebelum gol kontroversi Messi dan Suarez tersebut ada beberapa gol kontroversi yang pernah terjadi dalam sejarah sepakbola dunia. Berikut ini kami rangkum 10 gol kontroversi sepakbola dunia, Anda dapat menilai sendiri gol manakah yang paling kontroversi dari 10 gol kontrversi ini.

1, Gol Geoff Hurst Pada Laga Inggris vs Jerman Barat di Tahun 1966




Gol kedua dari Geoff Hurst di laga Final Piala Dunia 1966 antara Inggris vs Jerman Barat disahkan wasit menjadi gol walaupun terlihat belum melewati mistar gawang. Saat itu, Inggris untuk kali pertama berhasil menjadi Juara Piala Dunia 1966.

2, Gol “Tangan Tuhan” Diego Maradona di Laga Argentina vs Inggris di Tahun 1986

diego-maradona

Gol kontroversi Diego Maradona di laga perempat final antara Argentina melawan Inggris ini terkenal dengan sebutan gol “Tangan Tuhan”. Minimnya kecanggihan elektronik saat itu, membuat wasit asal Tunisia bernama Ali Bennaceur mensahkan gol yang dicetak Maradona dengan bantuan tangannya. Hal ini sontak menjadi kontroversi yang paling fenomenal, melihat pria bertubuh mungil yang mempunyai tinggi badan 165 cm itu sangat tidak mungkin untuk melesakkan gol dari posisi itu jika tidak dengan bantuan tangannya. Saat itu, Argentina berhasil menaklukkan Inggris dengan skor 2-1.

3, Gol Kontroversi Pedro Mendes Saat Totenham Melawan Manchester United di Tahun 2005

gol-hantu-pedro-mendes

Gol yang tidak disahkan wasit ini terjadi pada laga Premiere League tahun 2005 lalu yang mempertemukan antara Totenham dengan Manchester United. Saat itu, striker Totenham, Pedro Mendes melakukan tendangan lob kearah gawang MU yang dikawal oleh Roy Caroll. Dari rekaman video, tampak bola yang dilesakkan Pedro Mendes lepas dari pelukan kiper Roy Caroll, dan bola memantul masuk melewati garis gawang. Namun, kejadian ini luput dari pandangan wasit, sehingga tidak terjadi gol dalam pertandingan tersebut. Skor akhir pun tetap imbang 0-0 untuk kedua tim.

4. Gol Kontroversi Frank Lampard Pada Laga Chelsea Vs Totenham di Tahun 2005

gol-hantu-lampard

Pada laga yang mempertemukan Chelsea vs Totenham pada lanjutan Premier League 2005, Frank Lampard harus merelakan gol ‘hantu’ nya yang kala itu ia lesakkan ke gawang Totenham. Sepakan kerasnya tidak berhasil ditangkap oleh kiper Totenham, Heurelho Gomes sehingga bola kembali meluncur pelan kegawang dan melewati garis gawang tidak terlalu jauh. Namun, posisi badan Gomes terlihat menghalangi pandangan wasit, sehingga tendangan Frank Lampard yang seharusnya menjadi gol tersebut tidak disahkan wasit. Saat itu, Chelsea berhasil mengungguli Totenham dengan skor 2-1.

5, Gol Kontroversi Luis Nani Pada Laga Man United VS Totenhamgol-kontroversi-luis-nani

Pada laga ini, Man United berhasil unggul 2-0 atas Totenham. Salah satu golnya dicetak oleh pemain kebangsaan Portugal, Luis Nani. Gol yang dilesakkan oleh Luis Nani ini disabut-sebut gol yang paling kontroversial sepanjang Premier League. Sebelumnya, Nani yang saat itu terjatuh dilapangan menggap pemain Totenham telah melakukan pelanggaran terhadapnya, namun disaat yang sama kiper Totenham, Heurelho Gomes menganggap Nani lah yang melakukan pelanggaran handball, sehingga ia pun meletakkan bola di tempat terjatuhnya Nani tadi dan bersiap untung mengambil ancang-ancang tendangan bebas. Tapi rekan Nani, Paul Scholes memberikan kode kepada Nani untuk merebut bola karena dianggap pemain Totenhamlah yang melakukan pelanggaran. Nani pun dengan sigap langsung merebut bola tersebut, dan langsung mencetak gol ke gawang Totenham. Saat itu, hakim garis sebenarnya sudah mengangkat bendera, pertanda gol tersebut merupakan pelanggaran. Namun, setelah berdiskusi dengan wasit akhirnya gol apling aneh sepanjang masa itu pun disahkan wasit.

6, Gol Kontroversi Marko Devic Pada Laga Piala Eropa 2012  Antara Ukraina vs Inggris 

gol-marko-devic

Hal ini terjadi pada laga Ukraina vs Inggris di babak penyisihan grup Piala Eropa 2012 lalu. Saat itu, Marko Devic yang lolos dari jebakan offside melesakkan tendangan ke gawang yang sudah ditinggalkan Joe Hart. Meski sempat membentur mistar gawang, namun laju bola sudah terlihat melewati garis gawang. Seketika itu juga, John Terry melakukan reaksi yang dianggap kontroversi, yaitu dengan menendang keluar gawang bola yang sudah melewati garis gawang tersebut. Wasit yang saat itu memimpin tidak melihat bola tersebut sudah melewati garis gawang, sehingga gol tersebut pun tidak disahkan. Skor pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Inggris.

7. Gol Kontroversi Frank Lampard Pada Piala Dunia 2010 Antara Inggris VS Jerman

gol-hantu-frank-lampard

Kembali Frank Lampard harus mengalami gol ‘hantu’ kala Inggris menghadapi Jerman di Piala Dunia 2010. Saat itu, tendangan keras gelandang Inggris, Frank Lampard dari luar kotak penalti, tidak berhasil di tepis kiper Jerman, Manuel Neuer, bola pun dengan deras membentur mistar gawang dan memantul ke bawah melewati garis gawang. Namun, wasit yang memimpin pertandingan saat itu tidak melihat dengan jelas bola yang sudah melewati garis gawang tersebut. Alhasil, Jerman pun tetap unggul 4-1 atas Inggris.

8, Gol Kontroversi Sulley Muntari di Laga Milan VS Juventus

gol-sulley-muntari

Pada laga lanjutan Serie A 2011-2012 ini, gol ‘hantu’ harus dialami pemain AC Milan, Sulley Muntari terhadap lawannya Juventus. Saat itu, sepakan keras Sulley Muntari tampak melewati seperempat garis gawang, namun dengan sigap Buffon malah merebutnya kembali dari dalam gawang seakan bola tersebut masih dalam penguasaannya. Wasit yang tidak mensahkan gol ini pun menjadi sasaran protes para pemain dan official AC Milan kala itu. Hal ini juga sempat menjadi perdebatan panjang dan menjadikan hubungan kedua tim semakin memanas. Pada laga tersebut skor imbang 1-1 menjadi akhir dari pertandingan.

9, Gol Kontroversi Clint Hill Pada Laga QPR VS Bolton di Tahun 2012

gol-clint-hill

Disaat kedua tim ini QPR vs Bolton berusaha untuk keluar dari zona degradasi pada lanjutan Premier League 2012 lalu, fenomena gol ‘hantu’ kembali lagi terjadi pada laga ini. Kali ini pemain belakang QPR, Clint Hill berhasil memanfaatkan sepak pojok dengan melesakkan sundulan terarah ke gawang Bolton. Bola yang mengarah kedalam gawang Bolton memang berhasil ditepis kiper Bolton, namun para pemain QPR dan Clint Hill menganggap bola tersebut telah berhasil melewati garis gawang sebelum ditepis kiper. Tapi, wasit yang memimpin pertandingan tetap bersikukuh bahwa hal tersebut bukan lah gol. Hingga akhir pertandingan Bolton tetap unggul 2-1 atas QPR.

10, Gol Kontroversi Juan Mata Pada Laga Chelsea VS Totenham di Tahun 2012

gol-juan-mata

Pada lanjutan Premier League 2012 yang mempertemukan Chelsea vs Totenham laga berlangsung cukup panas. Terlebih pada menit ke-50, berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut didepan gawang Totenham,sehingga bola bergulir secara liar. Kemudian, secara sigap Juan Mata menendang bola liar tersebut dengan sangat keras, sehingga bola pun bergulir masuk menuju ke garis gawang Totenham. Namun, banyaknya pemain Chelsea dan Totenham yang jatuh, membuat pandangan wasit terhalang. Setelah lama berdiskusi dengan hakim garis, wasit pun akhirnya memutuskan bahwa gol tersebut adalah sah. Sontak, para pemain Totenham pun melakukan protes karena menganggap bola belum melewati garis gawang. Namun, pertandingan tetap bergulir dan Chelse menang telak 5-1 atas Totenham.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.