Empat Kapolsek di Medan Dicopot Jabatannya Usai Bentrok Ormas

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





suasana mencekam bentrok dua ormas di medan, foto : medan.tribunnews.com
suasana mencekam bentrok dua ormas di medan, foto : medan.tribunnews.com

Medan, Jelasberita.com| Usai suasana yang mencengkam di Kota Medan yang diakibatkan oleh bentrok antar dua ormas, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Inspektur Jenderal Polisi Ngadino melakukan pencopotan jabatan terhadap beberapa Perwira Menengah (Pamen) serta Perwira Pertama (Pama) di Polda Sumut, termasuk diantaranya empat Kapolsek di Polresta Medan pada Rabu (3/2/2016).

Keputusan pencopotan jabatan ini diungkapkan Kapoldasu melalui Surat Keputusan  yang isinya memberitahukan tentang pembebasan jabatan lama dan pemutasian beberapa Pamen dan Pama yang diterangkan dalam Telegram/120/II/2016. Dalam surat tersebut sangat jelas diterangkan ada beberapa jabatan perwira yang harus dirotasi dan dimutasi sesuai jabatannya masing-masing.




Adapun empat Kapolsek di jajaran Polresta Medan yang dicopot dari jabatannya tersebut adalah :

  1. Kapolsek Medan Baru yang tadinya diisi oleh Kompol Ronny Nicholas Sidabutar dimutasi menjadi Kepala Unit I Sub IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut.
  2. Kapolsek Medan Helvetia yang tadinya diisi oleh Kompol Ronni Bonic hanya berpindah daerah pengawasannya dalm jabatan yang sama. Ia dipindah tugaskan menjadi Kapolsek Medan Baru mengganti Ronny Nicholas.
  3. Kapolsek Medan Area yang diisi oleh Kompol Teuku Rizal Moelana dimutasi menjadi Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Medan yang menggantikan Kompol Rudi Silaen. Sedangkan, Rudi Silaen sendiri dimutasi sebagai Kepala Seksi Pengatur, Penjagaan, Pengawalan, Patroli (Kasiturjawali) Sub Direktorat Penegakan Hukum (Subditgakum) Direktorat Sabhara Polda Sumut.
  4. Kapolsek Medan Timur yang diisi oleh Kompol Franciska PS Munthe dimutasi menjadi Kepala Sub Bagian Sistem Manajemen Bagian Strategi dan Manajemen Biro Rencana Polda Sumut. Sedangkan, posisi Kapolsek Medan Timur akan diisi oleh Kompol Bernhard L. Manalu yang sebelumnya menjabat sebagai Ka Siaga II Bagdalops Roops Polda Sumut.

Selain posisi Kapolsek yang dicopot dari jabatannya, ada mutasi jabatan lainnya yang dilakukan, diantaranya posisi Kepala Sub Direktorat III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut yang tadinya diisi oleh AKBP Frido Situmorang digantikan oleh AKBP Nicolas Ary Lilipaly yang sebelumnya menjabat Kepala Sub III Direktorat Narkoba Polda Sumut. Sementara itu, AKBP Frido Situmorang dimutasi sebagai Kepala Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Binmas Polda Sumut.

Belum diketahui pasti apakah pencopotan dan mutasi jabatan para perwira polisi di Medan ini merupakan dampak dari kekacauan yang diakibatkan bentrok antar dua ormas di Medan pada Sabtu (30/1/2016) kemarin.

Beberapa pihak menyatakan kalau keteledoran dan ketidak waspadaan para perwira polisi, khususnya Kapolsek di Polresta Medan dalam menghadapi suasana panas antara kedua Ormas di Medan membuat Kapoldasu merasa geram dan menganggap mereka tidak becus dalam mempertanggung jawabkan jabatan yang di pegang masing-masing perwira, sehingga terjadilah pencopotan jabatan dan perotasian jabatan.




Sementara, menurut para pengamat, perotasian jabatan ini hanya lah untuk membuat memperbaiki kinerja di Kepolisian Medan ke arah yang lebih baik lagi, terutama dalam menciptakan suasana Kota Medan menjadi lebih kondusif lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.