Curang!! Oknum Porter di Bandara Hang Nadim Batam Ikut Check In Penumpang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Porter Bandara Hang Nadim, Batam sedang membawa barang penumpang, sumber : batamtoday.com
Porter Bandara Hang Nadim, Batam sedang membawa barang penumpang, sumber : batamtoday.com

Batam, Jelasberita.com| Para porter di Bandara Hang Nadim, Batam diduga telah melakukan kecurangan karena telah melakukan pekerjaan diluar wewenang pekerjaan mereka. Tak hanya bertugas mengantarkan barang penumpang untuk segera ditimbang setelah diperiksa melalui X-Ray, mereka juga diketahui membantu penumpang untuk check-in tiket.

Hanya dengan membayar sejumlah uang yang telah disepakati, penumpang pun tidak perlu lagi ikut antrian di depan konter check in, karena porter lah yang akan melakukan check in sesuai masakapai yang mereka tumpangi. Hal ini terjadi seperti pada hari Selasa (2/2/2016), dimana tampak terlihat beberapa porter tengah sibuk melakukan check in penumpang di sejumlah maskapai.




“Gak usah aneh bang, disini sudah lama dan biasa seperti itu. Porter yang akan mengurus ke petugas piket, jadi penumpang gak perlu antri lagi, cukup bayar sama porter saja sesuai kesepakatan. Dan serahkan saja semuanya sama porter, pasti semua beres,” ungkap seorang porter yang dirahasiakan¬†namanya.

Menurut keterangan beberapa porter, biasanya harga kesepakatan antara penumpang dan porter mulai dari Rp 150 ribu ke atas. Dan apabila harga telah disepakati, porter tersebut akan membawa barang bawaan penumpang untuk diantar melewati mesin X-Ray. Kemudian barang-barang bawaan tersebut langsung ditimbang sendiri ketempat penimbangan. Sembari menunggu ditimbang, oknum porter tersebut akan langsung ke konter chec in dengan membawa tiket dan kartu identitas penumpang dan langsung check in sendiri oleh petugas tiket maskapai. Setelah itu, porter akan langsung membawa barang bawaan penumpang ke bagasi pesawat. Lalu, porter mengembalikan tiket dan identitas ke penumpang yang bersangkutan dan penumpang memberikan uang bayaran yang telah disepakati sebelumnya.

Hal ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa terjadi diantara penumpang dan porter di Bandara Hang Nadim. Namun, ketika dikonfirmasi ke Kabag Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, ia mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Selama ini ia menganggap seluruh porter di Bandara tersebut telah melakukan tugasnya sesuai dengan kewajibannya, yaitu mengantar barang bawaan penumpang ke timbangan barang. Sementara, melakukan check in penumpang dinilai sudah melewati batas kewajaran.

Porter cukup hanya mengantar barang ke timbangan, bukan melakukan check in penumpang,” tegas Suwarso.




Mendengar kabar seperti ini, Suwarso menegaskan, akan segera melakukan sweeping terhadap para porter di Bandara Hang Nadim.

“Akan segera kita lakukan sweeping. Itu sudah menyalahi aturan. Terima kasih atas infonya. Secepatnya akan kami sweeping para porter,” kata Suwarso.

Suwarso juga menambahkna bahwa biasanya setiap hari porter wajib menyetor Rp 10 ribu kepada Pengelola Koperasi Badan Pengusahaan (BP) Batam. Sedangkan mengenai tarif antara penumpang dan porter belum ada diwajibkan jumlah biaya yang harus dibayar penumpang dan tidak ada unsur paksaan.

“Kalau masalah berapa biaya yang wajib dibayar penumpang ke porter, itu belum ada ketentuannya. Semua tergantung negosiasi antara penumpang dan porter. Tak ada unsur paksaan disini. Porter juga wajib setor setiap hari sebesar Rp 10 ribu ke Koperasi BP Batam,” ungkap Suwarso.

Leave a Reply

Your email address will not be published.