Bukan Lagi Bandara Jakarta, Kini Bandara Soekarno-Hatta Resmi di Tangerang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





a9f53b34-942e-406a-bb62-9ec65a4c6392_169
Maskapai penerbangan kini wajib mengatakan Bandara Interasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. (detiknews)

Jakarta, Jelasberita.com| PT Angkasa Pura (AP) II kini mengimbau agar maskapai penerbangan tak lagi menyebutkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, melainkan di Tangerang, Banten. Hal ini merujuk dari pernyataan Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono.

“Sebenarnya kami itu meminta kepada pihak AP II agar menyampaikan informasi yang sesuai yang ada di kondisi wilayah. Karena memang kan Bandara Soekarno-Hatta sejak awal berdiri sampai sekarang kan memang berada di wilayah Tangerang,” ucap Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah seperti yang dikutip dari detiknews, Selasa (2/2).




Menurut Arief, lokasi Bandara Soekarno-Hatta sekitar 70 persen masuk wilayah Kota Tangerang, dan sisanya masuk ke wilayah Kabupaten Tangerang.

“Sehingga buat kepentingan kami di daerah pertama kebanggaan masyarakat Kota Tangerang. Ada legitimasi. Dan kemudian ini menjadi peluang buat Kota Tangerang karena selama ini Kota Tangerang dijadikan pintu gerbang dunia terhadap Indonesia,” jelasnya lagi.

Dari penjelasannya, dia mengatakan bahwa penumpang yang hilir mudik di bandara internasional itu mencapai 83 juta orang setahun. Namun sangat disayangkan, sedikit sekali yang sadar dan mengetahui bahwa bandara itu terletak di Tangerang, bukan di Jakarta. Dengan menyebutkan Tangerang Banten, akan banyak peluang yang bisa diraih kotanya.

“Hanya saja sementara ini mereka nggak tahu. Karena mereka tahunya Bandara Soekarno-Hatta adanya di Cengkareng, seperti itu. Nah, itulah peluanganya ini akan dimanfaatkan oleh pemerintah Kota Tangerang khususnya dalam rangka meningkatkan investasi, pariwisata, kunjungan dan lain sebagainya,” ujarnya lagi.




Sementara itu, dari pihak AP membenarkan adanya perubahan yang dilakukan saat mendarat ke Bandara Soekarno-Hatta. Saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta pramugari harus mengumumkan bahwa itu terletak di Tangerang, Banten.

“Memang de facto bandara Seokarno-Hatta ini kan ada di Tangerang. Ini permintaan dari Pemda setempat,” jelas Corporate Secretary PT AP II, Agus Haryadi saat dikonfirmasi.

Dia juga menambahkan, baik Pemkot atau Pemkab Tangerang, sudah menyampaikan beberapa kali secara lisan melalui forum resmi untuk menyebutkan wilayah Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

“Wilayah bandara ini memang sebagian besar terletak di Pemkot, sebagiannya terletak di Pemkab,” imbuhnya.
Untuk merespons permintaan dari Pemkot dan Pemkab Tangerang tersebut, pihak PT AP II pun mengimbau seluruh maskapai agar wilayah Tangerang dan Banten juga disebutkan saat pengumuman pesawat mendarat.

“Bisa disebutkan ‘Selamat datang di Bandara Internasional Jakarta Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten’ atau ‘Selamat datang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang, Banten’,” ucapnya.

Saat ditanya adanya kemungkinan penumpang yang mungkin kebingungan, khususnya penumpang asing dengan pengumuman baru tersebut, dia menjawab secara resmi belum ada menerima informasi adanya penumpang yang kebingungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.