Pemko Tebingtinggi – USAID PRIORITAS Perkuat Kemitraan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Media. Walikota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dan Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, berbicara kepada media setelah penandatanganan perpanjangan kemitraan di rumah dinas Walikota, Rabu (27/1).
Media. Walikota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dan Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, berbicara kepada media setelah penandatanganan perpanjangan kemitraan di rumah dinas Walikota, Rabu (27/1).

Tebingtinggi, Jelasberita.com | Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi dan USAID PRIORITAS memperpanjang kemitraan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar. Sebanyak 969 pendidik di tingkat SD/MI dan SMP/MTs telah ditingkatkan kapasitasnya melalui berbagai pelatihan dan lokakarya. Program USAID PRIORITAS telah mampu mengubah proses pembelajaran sehingga siswa lebih aktif, berani dan kreatif.”Tidak lagi one way communication seperti selama ini. Sistem pembelajarannya dengan menggunan teori-teori modern, sehingga kreatifitas anak terus meningkat dan keilmuan terus berkembang,” tutur Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM saat menandatangani perpanjangan Kerangka Acuan Kerjasama (KAK) di Rumas Dinas Walikota Tebing Tinggi, Rabu (27/1).
Lebih lanjut Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan ilmu pengetahuan terus bergerak dan berkembang, sehingga guru sebagai unjung tombak pendidikan harus lebih mengetahui dan menguasai ilmu tersebut. Guru harus senantiasa dilatih dan ditingkatkan kapasitasnya agar siap menghadapi tatangan zaman. “Dengan pelatihan-pelatihan yang diadakan ini sangat baik sekali untuk meningkatkan kualitas guru,” tambahnya.
Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumatera Utara Agus Marwan mengatakan pihaknya akan membantu Pemko Tebing Tinggi mengimplementasikan program Pengembangan Keprofesioan Berkelanjutan (PKB) untuk meningkatkan mutu guru. Program ini akan menyediakan informasi yang akurat tentang tingkat kualitas guru dan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan guru. “ Melalui program PKB ini maka kita harapkan setiap guru akan mendapatkan pelatihan setidaknya satu kali setahun,” tambahnya.
Selain itu USAID PRIROITAS juga akan menghibahkan sekita 60 ribu buku bacaan berjenjang kepada 80 sekolah dasar dan madrasah di Tebing Tinggi. Buku ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas awal. Semakin baik kemampuan membaca siswa, maka prestasi belajar siswa ikut meningkat. “Semua mata pelajaran mengharuskan siswa mampu membaca dengan baik, karena itu kemampuan membaca sangat menentukan. Kemampuan membaca harus dibangun dari usia dini, karena itu kami fokus dari kelas awal,” terangnya.
Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.Program ini telah bekerja di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, yaitu: Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan. Turut bekerjasama pula dengan dua Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) utama yaitu Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Lebih 290 ribu siswa telah merasakan manfaat program ini (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.