Dosen Unimed Tingkatkan Kualitas Pendidikan Nias Barat

Tim Dosen Unimed Dilokasi PSKGJ Mandrehe Nias barat (Eddyanto, Ph.D 3 dari kiri)

 

Mandrehe, Jelasberita.com | Dosen-dosen Unimed intens melakukan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Nias Barat, Kabupaten paling muda yang terletak diujung sebelah barat pulau Nias. Kegiatan yang dilaksankan oleh dosen-dosen unimed yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu melakukan pendidikan terpadu terhadap guru-guru sekolah dasar yang  belum memiliki Ijazah Strata 1 (S1) yang terbingkai dalam Program Sarjana Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan (PSKGJ). Karena undang Undang Pendidikan Nasional mengisyaratkan agar seluruh guru ataupun pendidik pada tiap jenjang memiliki kualifikasi pendidikan minimal Sarjana S1.

Koordinator wilayah PSKGJ Kabupaten Nias Barat Eddyanto, M.Sc.,Ph.D yang ditemui di lokasi PSKGJ Mandrehe Nias Barat pada Kamis (28/01), yang didampingi tim dosen Nurliani Manurung, M.Pd, Nahor Simanungkalit, M.Si, Hudson Sidabutar, M.Pd, M Surif, M.Si dan Irfandi, M.Si. Ia mengungkapkan bahwa, Kegiatan PSKGJ merupakan Program Pemerintah untuk memfasilitasi guru-guru ataupun pendidik yang belum menempuh pendidikan S1 ataupun memiliki ijazah sarjana untuk mendapatkan pendidikan S1 yang diasuh langsung oleh dosen-dosen Unimed.

”Hal ini sesuai dengan amanat UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 9 yang mewajibkan guru untuk mempunyai kualifikasi pendidikan Sarjana, Ungkap Doktor alumnus Aston University Birmingham United Kingdom.

Selain itu, ini merupakan panggilan jiwa bagi para dosen sebagai bagian dari implementasi keilmuan yang dimiliki untuk diaplikasikan kepada masyarakat khususnya guru. “ jadi walaupun jauh di pulau nias ini yang masuk bagian SM3T dan cukup jauh dari kota, akan tetapi semangat dosen untuk berbagi ilmu dalam upaya peningkatan pendidikan menjadi sebuah pematik untuk memajukan pendidikan bangsa”, tambah peneliti unimed.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3




 

Leave a Reply

Your email address will not be published.