120 SD/MI Humbahas Ikut Sosialisasi Buku Bacaan Berjenjang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Penjelasan. Koordinator Daerah USAID PRIORITAS Humbahas, Marudut Sihombing memberikan penjelasan tentang hibah Buku Bacaan Berjenjang di SMK Negeri 1 Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Kamis (28/1). Pemkab Humbahas dan USAID PRIORITAS telah bermitra untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar sejak tahun 2014.

Penjelasan. Koordinator Daerah USAID PRIORITAS Humbahas, Marudut Sihombing memberikan penjelasan tentang hibah Buku Bacaan Berjenjang di SMK Negeri 1 Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Kamis (28/1). Pemkab Humbahas dan USAID PRIORITAS telah bermitra untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar sejak tahun 2014.

Doloksanggul, Jelasberita.com | Guna memaksimalkan penggunaan hibah Buku Bacaan Berjenjang, USAID PRIORITAS menggelar sosialisasi. Kegiatan ini diikuti 120 Kepala SD dan madrasah ibitidaiyah (MI) penerima buku dari 10 kecamatan di Humbang Hasundutan (Humbahas). Buku ini akan digunakan oleh siswa kelas awal di tingkat sekolah dasar. Kelas awal adalah siswa yang duduk di kelas 1 – 3. “Kami membutuhkan komitmen dari pemerintah daerah dan sekolah agar pemanfaatkan buku ini bisa maksimal,” terang Koordinator Daerah USAID PRIORITAS Humbahas, Marudut Sihombing di SMK Negeri 1 Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Kamis (28/1).

Lebih lanjut Sihombing mengatakan buku Bacaan Berjenjang didesain khusus untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswal di kelas awal. Buku ini dikembangkan berdasarkan kemampuan membaca anak. “Dari hasil Early Grade Reading Assessment yang kita lakukan, kita menemukan siswa yang diduduk di kelas yang sama bisa memiliki kemampuan membaca yang berbeda-beda. Itu sebabnya buku ini didesain bukan berdasarkan kelas, tetapi berdasarkan kemampuan membaca si anak,” tambahnya.

Asisten Program Membaca Tabita Silitonga mengatakan setiap sekolah akan mendapatkan 600 set buku. Setiap set terdiri dari 75 judul buku yang dibagi menjadi enam jenjang. Selain itu setiap sekolah juga akan mendapatkan 8 Buku Besar (Big Book) dan 6 buku panduan guru serta lembar kerja siswa. “Karena setiap buku memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, maka guru harus terlebih dulu dilatih agar mampu menggunakan buku ini,” terangnya.

Silitonga mengatakan sebelum buku dikirim ke sekolah, maka terlebih dahulu dilakukan pelatihan. Guru dan kepala sekolah akan dilatih menilai kemampuan membaca siswa dan menerapkan metode membaca yang efektif. Ada tiga metode yang akan diperkenalkan yaitu membaca bersama, membaca terbimbing dan membaca mandiri. “Setiap jenjang buku dan metode yang digunakan guru, ditujukan untuk membuat anak mampu membaca kata, kalimat dan sekaligus memahami isi bacaan,” tambahnya.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Humbahas Marusaha Nababan menyambut gembira hibah buku yang diberikan USAID PRIORITAS. Pihaknya siap memberikan dukungan penuh. Ia meminta sekolah-sekolah penerima hibah buku, dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sungguh-sungguh.

Hal senada disampaikan Kepala SD 173393 Doloksanggul Anwar Simamora, Ia mendukung usaha Pemkab Humbahas dan USAID PRIORITAS meningkatkan kemampuan membaca siswa SD dan MI. Selama ini sekolah kekurangan buku sehingga tidak bisa maksimal dipergunakan. “Anak-anak SD memang harus bisa pandai membaca dan menulis,” tambahnya.

USAID PRIORITAS akan mendistribusikan sebanyak 72 ribu eksemplar buku kepada 120 SD dan MI di 10 kecamatan. Dukungan ini diharapkan memberikan manfaat langsung kepada 11.520 siswa di kelas awal (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.