Penuh Dengan Kejutan, Mitra Kukar Juara Piala Jenderal Sudirman

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





viva.co.id
viva.co.id

Jakarta, Jelasberita.com | Setelah pertarungan yang penuh dengan kejutan, Mitra Kukar akhirnya mengukuhkan dirinya sebagai jawara di turnamen Piala Jenderal Sudirman. Pada laga puncak di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (24/1/2016), tim berjuluk Naga Mekes ini menekuk perlawanan sengit Semen Padang dengan skor 2-1.

Gol kemenangan Mitra Kukar ini dicetak oleh Michael Orah dan Yogi Rahadian, sementara gol dari Semen Padang dicetak oleh Adi Nugroho.




Pertandingan berjalan dengan sengit sejak awal pertandingan. Hujan yang turun membuat kondisi lapangan Stadion Gelora Bung Karno terdapat genangan di beberapa tempat. Hal ini sempat membuat kedua tim sangat sulit untuk mengembangkan permainan, karena arah bola yang seringkali tidak terarah akibat terhambat oleh genangan air.

Semen Padang sebenarnya mengambil inisiatif serangan terlebih dulu dengan dimotori oleh Vendri Mofu di lini tengah. Hanya saja, serangan yang bertubi-tubi dari Semen Padang harus tersendat oleh kondisi lapangan yang tergenang dengan air.

Kubu Mitra Kukar yang lebih banyak ditekan, mengandalkan serangan sesekali melalui umpan bola lambung. Dari lini belakang, bola langsung diarahkan kepada Patrick dos Santos  yang ada di depan. Skema yang bisa diantisipasi dengan mudah oleh Mahamadou Alhadji dan Handi Ramdan.

Hingga 30 menit laga berjalan dan memasuki water break, skor tetap masih sama kuat 0-0. Selang tiga menit kemudian, kebuntuan pun akhirnya pecah. Berawal dari inisiatif Vendry Mofu yang menguasai bola di dekat kotak penalti, bola dilanjutkan kepada Irsyad Maulana.




Dengan cerdik, Irsyad membuka ruang dan memberikan umpan yang sangat matang. Dengan mudah, Adi Nugroho mampu mengkonversi menjadi gol lewat sundulan kepala. Semen Padang pun unggul sementara 1-0 atas Mitra Kukar. Keunggulan Semen Padang ini pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, giliran Mitra Kukar yang mengambil inisiatif serangan. Melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Patrick dos Santos pada menit ke-49 nyaris menyamakan kedudukan. Beruntung Jandia Eka Putra masih sigap menepis bola.

Petaka datang bagi Semen Padang pada menit ke-51. Yuu Hyun Ko harus keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua dari wasit. Ia pun dikeluarkan dari lapangan hijau setelah sebelumnya menghentikan aksi Rodrigo dengan tekel keras. Kini Semen Padang harus bermain dengan sepuluh pemain.

Kodisi ini membuat tim Naga Mekes mulai dominan. Aksi Rizky Pellu dan Rodrigo cukup dominan di tengah. Sementara Kabau Sirah mengandalkan kecepatan dari Irsyad Maulana dan Nur Iskandar untuk melancarkan serangan balik. Namun, hasil pertandingan masih belum berubah untuk keunggulan Semen Padang 1-0 hingga water break babak kedua.

 

Michael Orah akhirnya membuat Mitra Kukar menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Sepakan bebas eks pemain Persepam Madura gagal diantisipasi dengan baik oleh Jandia. Skor pun kini menjadi sama kuat 1-1. Sebelumnya, Michael Orah masuk menggantikan Zulkilfy Syukur yang mengalami cedera.

Semen Padang pun harus gigit jari, setelah Mitra Kukar akhirnta unggul pada menit ke-89. Yogi Rahadian menjadi aktornya, setelah ia masuk menggantikan Defri Rizky. pemain 20 tahun ini mampu menyisir sisi sayap Semen Padang dan melewati beberapa pemain sebelum melepas sepakan yang mampu menmbus pertahanan Jandia. Mitra Kukar pun unggul 2-1 saat laga perpanjangan waktu empat menit.

Hingga bubar, para pemain Semen Padang gagal mencetak gol penyama kedudukan. Mitra Kukar tampil sebagai juara Piala Jenderal Sudirman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.