Pencuri Sawit dan Penabrak Dua Anggota Brimob Ditembak Mati Polisi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




layarberita.com




layarberita.com

Dharmasraya, Jelasberita.com | Dua orang pelaku penabrak dua anggota Satuan Brimob Polda Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya tewas setelah ditembak oleh polisi.

Sebelumnya sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara polisi dan dua orang pelaku. Saat itu, kedua pelaku mengendarai mobil truk Dyna yang dipakai untuk menabrak dua anggota Brimob. Karena dikejar, kedua pelaku diketahui sempat menabrak mobil polisi yang digunakan untuk menghadang truk Dyna yang dikendarai pelaku.

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi pada Minggu (24/1/2016) kedua pelaku tersebut bernama Bagus Diantoro dan Anda Tandi.

“Keduanya merupakan pelaku pembunuhan terhadap 2 personel anggota Satuan Brimob Polda Sumatera Barat, Brigadir Anasril (36) dan Brigadir Nanang Hariansyah (30),” ujar AKBP Syamsi.




Kedua personel Brimob tersebut diketahui tewas setelah ditindas truk Dyna yang dikendarai para pencuri kelapa sawit milik PT Sumbar Andalas Kencana (SAK), Minggu (24/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

“Setelah menabrak dua personel Brimob, kedua pelaku dikejar anggota kita yang masih di areal perkebunan kelapa sawit itu. Sementara personel lain yang menyebar menghadang pergerakan pelaku dari arah depan dengan sebuah mobil. Namun, pelaku kembali menabrakkan truknya hingga mobil polisi ringsek,” ujar Syamsi.

Setelah menabrak mobil polisi, kedua pelaku turun dan berlari untuk menghindari kejaran polisi. Bahkan , mereka sempat melakukan perlawanan dengan golok dan tojok (alat untuk menaikkan buah sawit ke atas truk). Melihat perlawanan dari pelaku, polisi pun terpaksa menembak keduanya hingga tewas ditempat.

“Saat ini jenazah kedua tersangka di RSUD Dharmasraya, penangkapan dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Lazuardi. Sementara truk yang digunakan pelaku untuk mencuri dan menabrak anggota Brimob hingga meninggal dunia diamankan di Polsek Koto Baru,” terangnya.

Sementara itu, jenazah kedua anggota Brimob sudah dibawa ke rumah duka dengan diantar oleh AKBP Dodik selaku Kepala Detasemen A Satuan Polda Sumbar. “Masih dilakukan pengejaran terhadap tersangka lainnya,” jelas Syamsi.

Sebelumnya diberitakan dua personel anggota Brimob Polda Sumatera Barat Brigadir Anasril dan Brigadir Nanang Hariansyah tewas dilindas truk Dyna yang dikendarai 2 pencuri buah kelapa sawit milik PT Sumbar Andalas Kencana (SAK), Minggu (24/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

Peristiwa ini terjadi di Afdeling E6 Lokasi Perkebunan PT. SAK Muaro Timpeh Kecamatan Padang Lawah Kabupaten Dharmasraya.

“Awalnya, dua anggota Brimob yang memang di BKO-kan di PT SAK itu akan menghadang truk yang sudah diduga sebagai pencuri buah kelapa sawit. Namun, ketika itu pelaku malah menabrak kedua anggota,” ujar Syamsi.

Kedua anggota Brimob tersebut mendapat tugas pengamanan di PT SAK, karena dapat laporan dari pimpinan kebun PT SAK Timur, Gunardi yang mendapat informasi dari Divisi Manager II Kasman telah terjadi pencurian buah kelapa sawit di lokasi Tuangan Kebun Afdeling E.

Setelah itu, Gunardi dan Kasman bersama Brigadir Anasril dan Brigadir Nanang langsung menuju lokasi dengan menggunakan Mobil Toyota Hilux BA 8841 BG.

“Dalam perjalanan menuju TKP, dilihat┬áPortal Afdeling E telah rusak dan dibuka paksa. Beberapa saat kemudian, dilihat 2 unit truk bak kayu jenis Mitsubishi Canter dan Dyna Rino bermuatan buah kelapa sawit menuju ke arah datangnya Mobil dari PT SAK,” kata Syamsi.

Kemudian, Brigadir Anasril dan Brigadir Nanang langsung turun dari mobil dan berusaha menghentikan kedua kendaraan truk tersebut dengan cara mnghadang di tengah jalan sambil memberikan 1 kali tembakan peringatan ke udara.

“namun kedua kendaraan tersebut tidak berhenti dan menambah laju kendaraannya sehingga menabrak 2 orang personel Brimob, yang mengakibatkan 2 orang personel Brimob tersebut meninggal dunia di lokasi kejadian,” ujar Syamsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.