Musim Hujan Datang, Waspadai Virus Zika di Indonesia

virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk/istimewa.

Jakarta, Jelasberita.com| Belakangan ini virus Zika terus diberitakan terkait mewabahnya virus tersebut di negara-negara Amerika Latin, khususnya Brasil dan Kolombia. Beberapa kasus pun ditemui di negara bagian seperti Illinois dan yang lainnya. Menariknya, virus ini sangat mirip seperti virus demam berdarah dengue dan ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui gigitan nyamuk.

Dokter ahli Gastrioenterologi, Departemen Ilmu dan Penyakit Dalam, Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai penyebaran penyakit ini, terutama di musim hujan seperti saat ini.

Ari yang juga adalah Ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia Jakarta (PAPDI Jaya) menerangkan, virus Zika ini merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus, bagian dari virus RNA yang pertama kali diisolasi pada tahun 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda. Menurutnya, Zika sendiri merupakan nama hutan tempat virus ini berhasil diisolasi.
Virus ini kemudian menyebar ke beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia Tenggara, Mikronesia, Amerika Latin dan Karibia. Sama halnya seperti demam berdarah dan Chikungunya, virus Zika juga menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 

Leave a Reply

Your email address will not be published.