Akibat Diteliti Ahli, Tangan Robot Tawan, ‘Iron Man’ dari Bali Rusak

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





361533_iron-man-dari-bali_663_382
I Wayan Sumardhan alias Tawan (VIVA.co.id)

Karangasem, Jelasberita.com| I Wayan Sumardana alias Tawan, akhirnya harus mengalami nasib malang setelah pemberitaan yang sempat menghebohkan dirinya. Manusia robot yang dijuluki Iron Man dari Bali itu mengaku didatangi oleh sejumlah peneliti. Tak sedikit yang bangga dan kagum pada karyanya, namun ada pula yang meragukannnya.

Karena banyaknya keraguan tentang tangan robotnya, Tawan akhirnya mempersilakan pihak-pihak yang berkepentingan itu untuk meneliti alatnya. Namun sayangnya, penelitian tersebut justru membawa masalah baru bagi Tawan. Bagaimana tidak, alat robotiknya justru rusak dan tidak bisa digunakan lagi.




“Alat saya rusak, terutama yang di kepala. Tidak bisa digunakan lagi,” kata Tawan, Minggu (24/1) seperti yang dikutip dari VIVA.co.id.

Tawan bercerita, alat robotik yang dibuatnya dari barang rongsokan tersebut diteliti oleh beberapa ahli dari beberapa universitas di Bali yang berkunjung ke bengkel lasnya. Dia pun mempersilakan para peneliti tersebut untuk melihat alat yang dirakitnya selama dua bulan tangannya mengalami kelumpuhan pada enam bulan yang lalu itu.

Menurutnya, dia tidak mempermasalahkan tangan robotiknya untuk diteliti. Namun saat usai diteliti, alatnya justru tak bisa difungsikan lagi.

“Kesal saya enggak bisa dipakai lagi. Tadi diteliti sama ahli-hali, malah rusak. Saya tidak bisa bekerja lagi,” sesal Tawan.




Dirinya kini tak bisa kembali bekerja akibat tangan robotnya rusak. “Saya tidak bisa bekerja. Bagaimana nasib anak istri saya? Saya ancurin saja lama-lama alat ini,” katanya.

Banyak pihak yang menaruh kagum atas penemuan Tawan tersebut. Namun ada pula pihak-pihak yang meragukannya. Banyak yang merasa janggal tentang penemuan Tawan tersebut.

Salah satunya datang dari Dosen Teknik Otomasi Politeknik Eletronika Negeri Surabaya, Syamsiar Kautsar. Ia menilai bahwa ada kejanggalan dari karya Tawan tersebu.

“Proses membaca sensor yang ada pada otak tidaklah semudah itu,” katanya.

Selain itu, berdasarkan foto yang dilihatnya pada sejumlah media massa yang memberitaan lengan robot Tawan, Syamsiar tidak menemukan adanya motor penggerak. Hanya ada gear box pada tangan robot itu.

“Kalau berdasarkan bidang yang selama ini saya pelajari, akan sangat sulit siku penggerak itu bisa berfungsi tanpa adanya motor,” katanya lagi.

 

One Response to "Akibat Diteliti Ahli, Tangan Robot Tawan, ‘Iron Man’ dari Bali Rusak"

  1. m0ojo   20 Mei 2016 at 21:33

    Ya ampiun ga ush di beritakan lg deh, jelas2 itu alat tipu2 kok.bawa aj ke dokter biar diperiksa reflek2nya.saya yakin tangannya tdk lumpuh.

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.