Tempat Persembunyian Rahasia Nessie, Si Monster Loch Ness Berhasil Ditemukan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




liputan6.com




liputan6.com

Inverness, Jelasberita.com | Seorang mantan nelayan mengatakan bahwa ia telah berhasil menemukan tempat yang diduga sebagai tempat persembunyian dari Nessie, Monster legendaris yang selama ini masih menjadi sosok misterius yang berasal dari danau Loch Ness di Skotlandia.

Danau Loch Ness yang kedalamannya mencapai 247 meter memang tidak sedalam Danau terdalam di Britania Raya, yaitu Loch Morar, dengan kedalaman mencapai 1017 kaki atau 309 meter. Namun, mantan nelayan, Keith Stewart mengklaim telah menemukan sebuah celah di dasar Danau Loch Ness. Berdasarkan hasil pengukurannya dengan peralatan sonar, kedalaman danau tersebut mencapai 270 meter. Dari sini ia mendapatkan sebuah gambar sonar yang mencurigakan dari dasar laut.

“Saya bukan seseorang yang percaya akan adanya monster. Tapi dua pekan lalu, saya mendapat gambar sonar yang terlihat seperti objek panjang dan ada semacam punuk di dasarnya. Tidak ada punuk itu saat saya memindai lokasi yang sama di kemudian hari,” ujar Keith, seperti dilansir¬†Metro.co.uk,¬†Selasa (19/1/2016).

Penasaran, Keith pun terus menerus memindai celah itu dari hari ke hari, untuk memastikan kedalamannya. Sempat terlintas dibenaknya kalau cerita masyarakat setempat yang mengatakan adanya sejumlah goa penghubung antar danau di Skotlandia adalah benar, dan hal ini dikaitkan dengan temuannya ini. “Mungkin saja cerita itu benar,” tutur dia.




Pria 43 tahun itu mengaku masih membutuhkan waktu yang banyak lagi untuk melakukan lebih banyak riset agar klaimnya ini dapat benar-benar terbukti. Ia menduga celah itu baru saja ditemukan olehnya, karena sebelumnya celah tersebut memang tidak ada.

“Mungkin gempa bumi telah membuka celah atau retakan di dasar Loch Ness, karena area Great Glen berada di jalur patahan lempeng Bumi, dan gempa sering terjadi di area tersebut,” ujar Keith.

Karena penemuan yang diklaim Keith ini, banyak kolega darii operator kapal Jacobite Cruises yang menamakan celah itu dengan sebutan “Jurang Keith.”

Legenda Loch Ness sendiri pertama kali menarik perhatian dunia pada 1933. Pada saat itu banyak muncul gambar-gambar yang mengklaim bahwa itu merupakan Nessie, sosok monster dari Danau Loch Ness. Namun, setelah diselidiki oleh banyak ahli, sosok Nessie dalam foto yang tersebar itu tidak terbukti kebenarannya.

Tapi sejak saat itu, ketertarikan publik terhadap monster Loch Ness tidak pernah berhenti. Bahkan, pencarian Nessie masih sering berlanjut hingga hari ini.

Menurut laporan The Independent, Ratu Inggris Elizabeth II juga menunjukkan ketertarikannya terhadap munculnya sosok Nessie tersebut. Ia juga sempat mengungkapkan jikan seandainya monster itu ditemukan, maka tak menutup kemungkinan akan diberin nama “Elizabeth Nessie.”

proposal pemberian nama itu dikirimkan Sir Peter Scott, seorang investigator monster Loch Ness, ke Istana Buckingham pada era 1960-an. Dia mengirimkannya setelah mengetahui bahwa Ratu Elizabeth II sangat tertarik dengan eksistensi Nessie.

Leave a Reply

Your email address will not be published.